Selasa 19 Mar 2024 13:28 WIB

Vietnam Belum Bisa Turunkan Kiper Kelahiran Rusia Ini Saat Jumpa Indonesia

Dang Van Lam tengah cedera sehingga tak bisa membela Vietnam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Kiper Vietnam Dang Van Lam
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Kiper Vietnam Dang Van Lam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vietnam belum bisa menurunkan semua pemain terbaiknya pada agenda penting di depan mata. The Golden Starr Warriors akan berhadapan dengan Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Duel perdana berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. Lima hari berselang kedua tim bertemu lagi di Hanoi.

"Kiper Dang Van Lam tidak bisa berkumpul dengan Vietnam untuk pertandingan FIFA pada Maret 2024," demikian laporan yang dikutip dari thethaovanhoa.vn, Selasa (19/3/2024).

Van Lam merupakan penjaga gawang senior di tim tersebut. Kiper 30 tahun itu telah mengoleksi 42 caps the Golden Star Warriors. Jika dalam keadaan fit, ia tak tergantikan.

Sayang, belakangan ia sering dihantam cedera. Sosok kelahiran Rusia itu juga absen di Piala Asia 2023. Posisinya digantikan oleh Filip Nguyen. Keduanya, sama-sama pemain keturunan.

Bulan lalu, Dang Van Lam dikabarkan sudah sembuh dari cedera tendon achiles. Kini kiper Binh Dinh FC itu kembali mendekam di ruang perawatan. Jelas, Vietnam kehilangan salah satu sosok andalan.

Van Lam memiliki rapor positif saat bertemu Indonesia. Ia mengawal gawang Vietnam ketika kedua tim berhadapan pada semifinal Piala AFF 2022 lalu. Duel di SUGBK, berkesudahan imbang tanpa gol. Ia tampil apik membawa negaranya meraih kemenangan 2-0 atas skuad Garuda di Hanoi.

Indonesia juga belum bisa menurunkan semua pemain terbaiknya. Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri dipastikan absen. Pelatih Shin Tae-yong harus jeli memanfaatkan amunisi tersisa.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangen sudah terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia. Selanjutnya, masih harus dilakukan perpindahan federasi. Nampaknya dua nama ini baru bisa diturunkan saat Indonesia bertandang ke markas Vietnam.

Kedua tim tergabung di Grup F pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Irak berada di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin. Setelahnya, Vietnam di kursi runner up mengumpulkan tiga angka.

Indonesia di urutan terakhir memiliki satu poin yang sama dengan Filipina di tempat ketiga. Marselino Ferdinan dan rekan-rekan memiliki selisih gol lebih buruk dibandingkan skuad Azkals.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement