Selasa 19 Mar 2024 23:45 WIB

Jadi Andalan Timnya, Wonderkid Barcelona Ini Mengaku Sebagai Pengagum Sergio Ramos

Ramos dikenal sebagai musuh Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Atletico de Madrid Alvaro Morata (kanan) berebut bola melawan bek Sevilla Sergio Ramos (kiri) pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Raja Spanyol antara Atletico Madrid dan Sevilla FC, di Madrid, Spanyol, Jumat (26/1/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Juanjo Martin
Penyerang Atletico de Madrid Alvaro Morata (kanan) berebut bola melawan bek Sevilla Sergio Ramos (kiri) pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Raja Spanyol antara Atletico Madrid dan Sevilla FC, di Madrid, Spanyol, Jumat (26/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bek muda Barcelona, Pau Cubarsi menjadikan legenda hidup Real Madrid, Sergio Ramos sebagai idolanya. Palang pintu berusia 17 tahun itu mulai menuliskan catatan positif di awal kariernya.

Ia sudah tak tergantikan di lini belakang El Barca. Ia cepat naik kelas dari akademi La Masia. Cubarsi tampuil di sejumlah pertandingan penting.

Baca Juga

Salah satunya ketika Blaugrana jumpa Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim 2023/24. Saat itu, Raksasa Katalan menang 3-1 atas I Partenopei. Sang wonderkid terpilih sebagai pemain terbaik di laga tersebut.

Setelahnya, ia dipanggil tim nasional Spanyol. Menurut Cubarsi semua terjadi begitu cepat. Namun ia menjalani dengan tenang.

Ia berlatih normal. Ia mendapat ucapan selamat dari pelatih fisik Barcelona terlebih dahulu. Setelah daftar resmi keluar, banyak sosok lain yang memberikan dukungan, termasuk orang tuanya.

"Mereka sangat senang. Mereka meminta saya untuk menjadi diri sendiri, bermain dengan tenang seperti bagaimana saya memainkan gaya saya," kata Cubarsi dalam wawancara dengan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), dikutip dari forbes.com, Selasa (19/3/2024).

Cubarsi berpotensi menjadi bek termuda yang melakukan debut bersama La Roja, setelah era Ramos. Wonderkid tersebut ternyata mengidolakan sosok yang pada akhir bulan ini, berusia 37 tahun itu.

"Ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan, dan jika saya dapat mencapai tujuan itu, melewati Sergio Ramos, seorang idola. Saya akan sangat bahagia," ujar bek yang membela timnas Spanyol U-17 pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia ini.

Selain Ramos, Cubarsi juga menjadikan para legenda Barcelona sebagai panutan. Ada Gerard Pique, juga Carles Puyol. Semuanya merupakan bek tengah.

Namun, ia sebatas mengagumi kinerja mereka. Nama-nama tersebut sudah meraih segalanya dan menjadi tokoh penting di lini belakang. Mengenai gaya permainanan, ia memiliki ciri khas tersendiri.

Spanyol bakal menjalani dua partai uji coba pada Maret 2024. Pertama La Roja berhadapan dengan Kolumbia di London Stadium, Sabtu (23/3/2024) pukul 03.30 WIB. Empat hari berselang, skuat polesan Luis de la Fuente menjamu Brasil di Santiago Bernabeu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement