Rabu 20 Mar 2024 20:28 WIB

Shin Tae-yong Sebut Vietnam Kesulitan Sejak Musuhnya Tidak Melatih Lagi

Sebelumnya timnas Veitnam ditangani oleh Park..

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan pelatih kepala Vietnam Park Hang-seo.
Foto: AP Photo/Nguyen Manh Quan
Mantan pelatih kepala Vietnam Park Hang-seo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Vietnam akan segera berhadapan pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024. Sebagai sesama wakil dari Asia tenggara, kedua tim telah banyak bersaing di berbagai ajang dan menjadi lawan kuat bagi Indonesia selain Malaysia dan Thailand. 

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui keempat negara mempunyai prestasi yang baik di Asia Tenggara. "Kalau menurut saya ada empat negara yang prestasinya baik dan berkembang di Asia Tenggara yaitu Thailand, Veitnam, Malaysia dan Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Namun, ia menilai Vietnam agak kesulitan sejak mengganti pelatihnya. Seperti diketahui, sebelum ditangani oleh Philippe Troussier, sebelumnya timnas Veitnam ditangani oleh Park Hang-seo pada 2017-2023. Shin Tae-yong pun tidak pernah mengantar timnas Indonesia menang melawan Vietnam asuhan Park Hang-seo. Namun sudah jadi rahasia umum, Park kerap menunjukkan ketidaksukan kepada Shin Tae-yong

Adapun kemenangan Indonesia atas Vietnam di pertemuan terakhir, yakni di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 terjadi ketika Vietnam sudah ditangani Troussier. Di momen itu, timnas Indonesia yang didominasi oleh pemain usia muda, menang melalui gol penalti yang dicetak Asnawi Mangkualam Bahar. 

Meskipun masih mengalami kesulitan sejak pergantian pelatih, pelatih asal Korea Selatan itu yakin akan ada masa di mana mereka berhasil membentuk tim yang kuat. "Menang Vietnam setelah ganti pelatih agak kesulitan, tetapi karena pelatih ini bagus, pasti mereka ke depan bisa berkembang lebih jauh," ujar Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024), kemudian Asnawi Mangkualam Bahar dkk akan bertolak ke Vietnam untuk bermain di Hanoi pada 26 Maret 2024. Indonesia wajib menang untuk menjaga asa maju ke putaran selanjutnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement