Rabu 20 Mar 2024 20:49 WIB

Shin Tae-Yong Berjanji Tunjukkan Kualitas Lini Depan Indonesia di Hadapan Vietnam

Indonesia kerap kesulitan menjebol gawang lawan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) bersama Witan Sulaeman (kanan) melakukan sujud sukur usai berhasil mencetak gol saat bertanding melawan timnas Brunei Darussalam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). Timnas Indoneaia berhasil menang melawan timnas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 yang dihasilkan oleh gol hatrick  Dimas Drajad, dua gol oleh Ramadhan Sananta dan satu gol dari Rizky Ridho.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) bersama Witan Sulaeman (kanan) melakukan sujud sukur usai berhasil mencetak gol saat bertanding melawan timnas Brunei Darussalam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). Timnas Indoneaia berhasil menang melawan timnas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 yang dihasilkan oleh gol hatrick Dimas Drajad, dua gol oleh Ramadhan Sananta dan satu gol dari Rizky Ridho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi Veitnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui penampilan terakhir di Piala Asia 2023 kurang memuaskan, tapi ia memastikan Sandy Walsh dkk bisa tampil lebih baik dibandingkan pada turnamen tersebut. 

Di turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup D bersama Irak, Jepang dan Vietnam. Tim Merah Putih memperoleh gol paling sedikit dibandingkan ketiga tim tersebut, yakni hanya tiga gol, sementara Vietnam yang berada di peringkat terakhir mampu mencetak empat gol di fase grup. 

Baca Juga

"Di Piala Asia kemarin memang tim Indonesia yang paling lemah dari antara semua partisipan (dari segi ranking FIFA). Apalagi tim-tim di grup kita prestasinya baik. Semua tim kuat dan baik, jadi pastinya Timnas Indonesia lebih banyak kebobolan dibandingkan mencetak gol," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Rabu (20/3/2024).

"Namun, tim kami punya banyak harapan dan masih berkembang. Pertandingan melawan Vietnam pun akan diupayakan tidak akan kebobolan banyak dan mampu mencetak gol. Memang itu yang dipersiapkan," ujarnya menambahkan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan tim Merah Putih akan menunjukkan yang terbaik untuk pertandingan besok. Terlepas dari beberapa pemain yang cedera seperti Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri cedera, juga Asnawi Mangkualam yang terkena akumulasi kartu, ia percaya pemain yang tersedia bisa memenuhi harapan publik Indonesia. 

"Saya berusaha semaksimal mungkin untuk mempersipakan diri melawan Vietnam besok. Memang ada beberapa pemain cedera yang tidak bisa bergabung ke timnas. Akan tetapi, pemain-pemain yang ada di sini sudah bekerja keras, dan saya percaya pada mereka. Pasti kami bisa menunjukkan yang terbaik untuk pertandingan besok," kata Shin Tae-yong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement