Jumat 22 Mar 2024 23:35 WIB

Ganda Putra Indonesia Amankan Satu Tempat di Final Swiss Open 2024

Bagas/Fikri akan berhadapan dengan Leo/Daniel di semifinal.

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kanan) dan Bagas Maulana.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kanan) dan Bagas Maulana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor ganda putra Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final turnamen BWF Super 300 Swiss Open 2024, yang akan digelar di Basel pada Ahad (24/3/2024). Kepastian tersebut menyusul dua pasangan Indonesia, yakni unggulan pertama Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan unggulan ketiga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan saling berhadapan pada babak semifinal, Sabtu (23/3/2024).

Bagas/Fikri baru saja menang atas wakil Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren di partai perempat final melalui dua gim langsung 21-19, 21-11.

Baca Juga

Sementara, Leo/Daniel mengikuti langkah kompatriotnya setelah memenangkan laga sengit atas unggulan keenam asal Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee di babak delapan besar.

Menurut pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat, kedua pasangan masih memiliki peluang yang sama untuk melangkah ke babak final pada akhir pekan mendatang.

“Bagi Bagas/Fikri dan Leo/Daniel bisa sama-sama ke semifinal di Swiss Open untuk saling berhadapan adalah hasil yang cukup baik,” kata Aryono, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Jumat.

Ia melanjutkan, permainan dari kedua pasangan juga masih sama-sama kuat, tapi saat ini fokus utamanya adalah mematangkan mental maupun teknik dalam bertanding. Hal ini agar para pemain bisa mengontrol permainan, tidak kehilangan fokus, serta konsisten demi mengurangi eror di lapangan.

Aryono menambahkan, turnamen di Swiss dan Kejuaraan Asia menjadi penting bagi Bagas/Fikri agar bisa lolos ke panggung Olimpiade 2024 Paris.

“Peluang untuk Bagas/Fikri masih terbuka tapi syaratnya harus bisa menjuarai dua turnamen terakhir di Swiss dan Kejuaraan Asia, itu pun juga masih melihat pesaingnya yang lain. Saya pesankan kepada mereka untuk tetap semangat, fokus karena msh terbuka peluang,” jelas Aryono.

“Untuk Leo/Daniel walau secara matematis sudah tidak bisa mengejar untuk lolos Olimpiade tapi saya sampaikan untuk tidak boleh putus asa. Terus fokus mencari prestasi di setiap turnamen yang diikuti,” ujarnya menambahkan.

Sebanyak lima wakil Indonesia sudah memastikan tempat di babak empat besar Swiss Open 2024.

Selain Bagas/Fikri dan Leo/Daniel, ganda putra lainnya, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani juga melangkah ke babak selanjutnya setelah revans atas Choong Hon Jian/Muhammad Haikal (Malaysia) 21-16, 22-20 di babak perempat final.

Lebih lanjut, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung pun melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan unggulan kedelapan asal Thailand Pornpawee Chochuwong 21-13, 21-13.

Dari sektor ganda putri, unggulan pertama Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalahkan unggulan ketujuh Margot Lambert/Anne Tran (Prancis) 21-13, 21-13.

Masih ada wakil lainnya dari sektor ganda putri yakni Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang tengah bertanding dengan pasangan Jepang Rui Hirokami/Yuna Kato di babak perempat final hari ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement