Sabtu 23 Mar 2024 02:36 WIB

Erick Thohir Ingatkan Standar Sepak Bola Asia Tenggara Meningkat

Indonesia harus ikut berbenah jika tak ingin tertinggal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir,
Foto: IG
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir memperingatkan bahwa saat ini standar sepak bola negara-negara Asia Tenggara sudah meningkat, yang terlihat pada laga-laga terkini kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan Kamis (21/3/2024), timnas Korea Selatan ditahan imbang 1-1 oleh Thailand, sedangkan Singapura menahan imbang China dengan skor 2-2.

Baca Juga

“Saya lihat negara-negara ASEAN (Asia Tenggara) sudah mulai meningkatkan standar persepak bolaannya. Kita lihat kemarin Korea seri sama Thailand, Singapura seri sama China. Artinya kalau kita juga hanya senang sampai hari ini, ya kita tidak akan berkembang,” kata Erick saat ditemui usai pertandingan ujicoba timnas Indonesia U-20 melawan China U-20 di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Pada laga yang dimainkan Kamis, timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk menjaga peluang lolos ke putaran berikutnya.

“Sama seperti yang saya bilang ketika Vietnam di atas kita jauh 5-6 tahun yang lalu kita bingung. Ya kita harus terus berbenah diri. Jadi tidak hanya skill, tapi bagaimana permainan tim dan juga mesti berani fisik keras,” tambahnya.

Erick memberi sedikit bocoran bahwa dua pemain naturalisasi terbaru, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, kemungkinan dapat dimainkan saat melawan Vietnam pada Selasa (26/3/2024) mendatang.

“Mestinya Thom Haye dan Ragnar sudah bisa main di tanggal 26,” ucap sosok yang juga merupakan Menteri BUMN itu.

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyampaikan bahwa lima pemain timnas senior saat ini sedang mengalami demam. Meski tidak merinci pemain-pemain yang dimaksud, namun salah satu pemain yang menurut Erick sedang demam adalah wing kanan Yakob Sayuri.

“Hari ini dapat saya laporkan hampir lima pemain kita menderita demam. Mungkin kondisi udara yang berubah dan kita lihat juga beberapa pemain kita yang bermain di luar negeri adaptasinya cukup tidak mudah,” ujarnya.

Perihal kelima pemain yang demam itu, Erick pun menyatakan belum dapat memberi informasi apakah mereka berlima akan tetap dibawa ke Vietnam.

Indonesia saat ini menghuni peringkat kedua klasemen sementara Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan koleksi empat poin. Tim Garuda saat ini tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Irak, dan unggul satu poin atas pesaing terdekat Vietnam.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement