Ahad 24 Mar 2024 21:05 WIB

NgabubuRun 5K Jadi Ajang Pemanasan Menjelang 'Mangkunegaran Run in Solo'

Taman Balekambang dipilih karena memiliki nilai historis bagi Mangkunegaran.

Sejumlah komunitas lari mengikuti NgabubuRun 5K di Taman Balekembang, Solo, Sabtu (23/3/2024).
Foto: Dok. HO MRS
Sejumlah komunitas lari mengikuti NgabubuRun 5K di Taman Balekembang, Solo, Sabtu (23/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sejumlah komunitas lari mengikuti NgabubuRun 5K di Taman Balekembang, Solo, Sabtu (23/3/2024). Ajang ini merupakan pemanasan menjelang Mangkunegaran Run in Solo yang akan diselenggarakan pada 28 April 2024.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, Taman Balekambang dipilih karena memiliki nilai historis bagi Mangkunegaran. Taman Balekambang dimaknai sebagai simbol kohesi sosial bagi kerabat Mangkunegaran yang dibangun pada  1921 oleh KGPAA Mangkoenagoro VII.

Baca Juga

“Kebudayaan Jawa mengajarkan kita tentang nilai keseimbangan, memahami tempo membutuhkan rasa, kita belajar kapan waktu untuk melangkah perlahan, dan kapan kita perlu berlari cepat, sama seperti kehidupan, kita perlu tau membagi waktu untuk berkarya dan istirahat," kata KGPAA Mangkoenagoro X. 

"Berlari mencerminkan sinergi keprajuritan dari legiun Mangkunegaran, yang memberikan kesempatan bagi kita semua untuk menyerap dan belajar tentang semangat, disiplin, konsistensi, serta dedikasi keprajuritan melalui NgabubuRun, Road to MN RUN," ujarnya menambahkan.

Kegiatan NgabubuRun ini dilepas oleh Kol. Inf. Ali Akhwan selaku Pembina Solo Berlari yang berharap bahwa Solo ke depan bisa menjadi tempat yang ramah dan aman untuk para pelari. 

Acara ini juga diselenggarakan guna menjalin silaturahmi dengan para pelari yang tergabung dalam naungan Solo Berlari, yakni Solo Runners, Riot Solo, Amateurun, dan lainnya. 

Mangkunegaran Run in Solo 2024 merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran, Katadata, Yayasan DNC, dan PermataBank. Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi sangat tinggi.

CEO & Co-founder Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra menambahkan, Mangkunegaran Run in Solo 2024 merupakan komitmen Katadata untuk membuat aktivitas yang memberikan dampak besar terhadap masyarakat luas.

“Sebagai perusahaan media dan riset, Katadata juga punya unit bisnis event management. Apabila selama ini publik mungkin hanya mengenal event yang digelar Katadata dalam bentuk diskusi, kali ini kami berusaha untuk memulai yang baru antara lain olahraga. Tahun lalu terbukti Mangkunegaran Run in Solo disambut dengan antusian oleh pecinta olahraga lari,” ungkap Metta. 

Sebelumnya, Ratusan pelari mengikuti ajang pemanasan Mangkunegara Run in Solo (MN Run) 2024, yakni lari 7k di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Acara tersebut adalah bagian dari rangkaian acara Meet and Greet dan klinik kepelatihan dari MN Run. Ajang lari utamanya sendiri akan digelar pada 28 April mendatang.

Pemimpin Pura Mangkunegaran Sri Paduka Mangkoenagoro X mengatakan sejak menjalani perhelatan perdana pada 2023 silam, ajang ini selalu mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Kebudayaan Jawa mengajarkan kita tentang nilai keseimbangan, memahami tempo membutuhkan rasa, kita belajar kapan waktu untuk melangkah perlahan, dan kapan kita perlu berlari cepat, sama seperti kehidupan, kita perlu tahu membagi waktu untuk berkarya dan beristirahat," kata Sri Paduka Mangkoenagoro X, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement