Senin 25 Mar 2024 17:00 WIB

Indonesia tak Pernah Menang di Kandang Vietnam Selama 20 Tahun Terakhir, Ini Tekad Shin

Shin bertekad menancapkan tonggak baru bagi sepak bola Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: Dok. PSSI
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan timnya menargetkan kemenangan saat melawan Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Juru taktik asal Korea Selatan itu ingin memutus rekor 20 tahun tanpa kemenangan di Vietnam.

Perlu diketahui, Indonesia belum pernah menang di Hanoi dalam 20 tahun terakhir. Kemenangan terakhir yang diraih skuad Garuda di kandang Vietnam adalah pada 2004 silam, saat fase grup Piala AFF 2004 atau dulu bernama Piala Tiger. Saat itu, Indonesia memetik kemenangan 3-0 atas Vietnam. Gol tim Merah Putih dikemas oleh Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Baca Juga

"Statistik selalu bisa berubah. Kami yakin kali ini kami bisa memecahkan rekor-rekor lama untuk menciptakan tonggak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Senin (25/3/2024).

Ia memastikan tim asuhannya sudah melalukan persiapan secara maksimal untuk bisa tampil dengan baik pada laga nantin. "Kami sudah bersiap agar bisa tampil bagus besok. Laga ini mungkin akan sulit, namun saya rasa ini juga akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk meraih kemenangan di kandang Vietnam," ujarnya. 

Di papan klasemen Grup F, Indonesia duduk di peringkat kedua dengan perolehan empat poin, unggul satu angka dari Vietnam. Sejatinya hasil imbang sudah cukup untuk mempertahankan posisi tersebut. Namun, juru taktik asal Korea Selatan memastikan tim Merah Putih datang ke Hanoi untuk menang. Ia memahami itu sebagai laga penting bagi masyarakat Indonesia. 

"Pertandingan besok bisa dianggap sebagai pertandingan terpenting tahun ini dan kami di sini untuk menang. Mungkin banyak pemain Indonesia yang masih belum berpengalaman, namun saya sadar mereka punya keinginan dan kemampuan untuk menghadirkan performa terbaik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement