Selasa 26 Mar 2024 02:27 WIB

Menpora Optimistis Indonesia Berjaya di Olimpiade Paris

Menpora berterima kasih kepada CdM Indonesia Anindya Bakrie.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Menpora Dito Ariotedjo (tengah)
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Menpora Dito Ariotedjo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menpora Dito Ariotedjo berterima kasih kepada Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Novyan Bakrie karena telah menggelar acara silaturahmi para stakeholder olahraga Indonesia pada Senin (25/3/2024) petang. Kumpul-kumpul yang diisi dengan dialog serta pemberian apresiasi kepada para atlet yang telah lolos berlaga di Paris dinilai baik untuk mendongkrak moral atlet sebelum bertarung di arena nanti.

Menurut dia, saat persiapan matang sudah dilakukan dari sisi teknik, teknologi, medis, dan psikologis, adanya silaturahmi dan pemberian apresiasi bisa menghadirkan faktor X yang akan baik untuk federasi, pelatih, dan atlet yang akan bertanding untuk meraih prestasi tertinggi. 

Baca Juga

"Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung sampai Olimpiade untuk mengeratkan antara mitra Kemenpora, NOC, KONI, federasi, para atlet dan ofisial untuk bersatu, makin kompak untuk Merah-Putih di Olimpiade 2024," kata Menpora Dito seusai acara silaturahmi sekaligus dialog bertajuk "Menjaga Semangat Kolektif Menuju Merah Putih Berkibar di Olimpiade Paris" di Gedung The Convergence Indonesia (TCI) Jakarta, Senin (25/3/2024) petang.

Tidak hanya atlet, pemerintah juga turun tangan untuk membantu dengan melakukan beberapa hal utamanya melakukan perjanjian kerja sama bareng beberapa cabang olahraga.

"Kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan kami dalam menghadapi ajang olahraga terbesar di dunia,” kata Menpora Dito. 

“Ajang Olimpiade Paris 2024 menjadi tahun terakhir kepemimpinan Presiden Jokowi. Saya berharap bisa memberikan kejutan dan semoga ini bisa menjadi hadiah yang baik untuk masyarakat dan Presiden Jokowi," ungkapnya.

photo
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Novyan Bakrie memberikan apresiasi secara simbolis kepada atlet senam Rifda Irfanaluthfi yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. - (dok CdM Indonesia)

Saat ini, Indonesia telah mengamankan tujuh tiket menuju Olimpiade Paris yakni Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

Anindya mengaku optimistis dengan adanya kerja sama yang dilakukan semua stakeholder olahraga. Diharapkan kerja keras atlet akan memberikan prestasi yang baik untuk Indonesia.  

"Ada dua kata kunci yang saya pegang ketika ditunjuk menjadi CdM Olimpiade Paris 2024. Pertama bagi saya ini adalah perjuangan panjang untuk membawa nama baik Indonesia. Kedua kami harus saling kolaborasi dan kerja sama yang baik untuk mencapai satu tujuan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di pentas dunia," kata Anindya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement