Selasa 26 Mar 2024 21:05 WIB

Full Time; Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun dengan Kemenangan 3-0 di Kandang Vietnam

Vietnam tak berkutik di hadapan Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang timnas Indonesia Marselino berduel dengan lawannya saat menghadapi Vietnam, Selasa (26/3/2024).
Foto: Dok. Pssi
Gelandang timnas Indonesia Marselino berduel dengan lawannya saat menghadapi Vietnam, Selasa (26/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Timnas Indonesia akhiri rekor buruk 20 tahun tanpa kemenangan saat menghadapi Vietnam di markasnya. Kini skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong sukses meraih kemenangan sekaligus clean sheet dengan skor 3-0 pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. 

Dua debutan timnas Indonesia tampil gemilang, Thom Haye mencatatkan assist pada gol Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen mencatatkan namanya sendiri di papan skor untuk menggandakan keunggulan. Di menit tambahan waktu, Indonesia mengunci kemenangan melalui gol Ramadhan Sananta. 

Baca Juga

Tambahan tiga poin memperkuat posisi Indonesia di peringkat kedua Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia saat ini punya koleksi tujuh poin di peringkat kedua setelah Irak dengan 12 poin di puncak klasemen. 

Peluang pertama dimiliki Indonesia di menit ketiga melalui situasi tendangan sudut. Umpan dari Thom Haye berhasil menciptakan kemelut di kotak penalti Vietnam. Namun percobaan yang dilakukan Jay dan Hubner masih dapat diblokir pemain belakang. 

Tembakan tepat sasaran berhasil dilepaskan Vietnam di menit kelima. Itu dilakukan oleh Khuag Van Khang setelah mendapatkan umpan dan melewati penjagaan Jay. Beruntung tembakan ke gawang berhasil diamankan oleh Ernando Ari. 

Semenit berselang, Hokky memanfaatkan kesalahan di lini pertahanan Vietnam. Ia merebut bola dari penguasaan lawan dan melakukan percobaan dengan tembakan jarak jauh. Namun itu masih dapat diamankan dengan baik oleh Nguyen Filip.

Indonesia memimpin lebih dulu di menit ke-8. Itu tercipta melalui situasi tendangan sudut. Jay Idzes tak terkawal saat menyambut umpan tendangan penjuru dari Thom Haye. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Ini catatan gemilang bagi kedua pemain, Thom Haye mencatatkan assist dalam debutnya dan Idzes mencetak angka di penampilam keduanya. 

Ernando melakukan penyelamatan penting di menit ke-11 dari tandukan Nguyen Tien Linh saat menerima umpan di kotak penalti. Kedua tim menekan dengan agresif di 15 menit awal dengan beberapa peluang berhasil diciptakan. Benar-benar menunjukkan laga sengit bagi rival sesama wakil Asia Tenggara.

Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-23. Kali ini, Ragnar Oratmangoen yang mencetak gol dalam debutnya bersama Indonesia. Itu berawal dari umpan-umpan pendek antara Ragnar, Nathan dan Thom di sisi kiri serangan. Ragnar kemudian melewati lima pemain bertahan Vietnam sebelum akhirnya mengeksekusi tendangan ke gawang. Skor 2-0 untuk Indonesia. 

Di menit ke-27, Tien Linh hampir memperkecil ketertinggalan saat ia mendapatkan peluang saat ia menerima umpan di kotak penalti. Namun tembakannya ke tiang jauh masih meleset dari sasaran. Ernando kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-32 dari tendangan bebas Van Khang yang mengarah langsung ke gawang. 

Vietnam terus berjuang untuk mengejar ketertinggalan mereka. Namun, babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Vietnam menekan sejak menit awal babak kedua. Namun sektor pertahanan Indonesia mampu menangani ancaman yang dibangun Vietnam dari bawah. Shin Tae-yong seperti merubah strateginya dengan memasang garis pertahanan lebih dalam dan memanfaatkan serangan balik untuk mengancam pertahanan Vietnam. 

Egy gagal memanfaatkan peluang dari umpan tarik Nathan di menit ke-55. Itu tercipta melalui serangan balik cepat juga dengan permainan dari kaki ke kaki. Namun Egy gagal menyambut umpan yang ia terima di mulut gawang Vietnam. 

Hoang Viet Anh melewatkan peluang emas saat ia menerima bola di kotak penalti dari situssi tendangan sudut. Namun tembakannya yang berdiri tanpa penjagaan, masih meleset jauh di atas mistar gawang. Rizky Ridho memblokir upaya dari Vietnam di kotak penalti Indonesia saat menerima umpan tarik dari Nguyen Van Toan setelah ia melewati Nathan.

Indonesia memastikan kemenangan dengan gol ketiga di menit-menit akhir melalui gol Ramadhan Sananta yang memanfaatkan bola kedua dari percobaan Edo dari luar kotak penalti. Skor 3-0 mengunci kemenangan Indonesia atas Vietnam. 

 

 

 

Susunan pemain kedua tim:

Vietnam (3-2-4-1): Nguyen Filip (kiper); Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai; Vu Van Thanh, Bui Hoang Viet Anh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Khuat Van Khang; Nguyen Tien Linh 

Pelatih: Philippe Troussier 

 

Indonesia (3-2-3-2): Ernando Ari (kiper); Jay Idzes, Rizky Ridho, Nathan Tjoe-A-On; Asnawi Mangkualam, Justin Hubner; Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye; Marselino Ferdinan, Hokky Caraka 

Pelatih: Shin Tae-yong

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement