Rabu 27 Mar 2024 13:44 WIB

Ini Lima Skenario Lolosnya Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia hanya butuh tiga poin lagi untuk memastikan lolos.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Vietnam pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Gol untuk Indonesia dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23 dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Vietnam pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Gol untuk Indonesia dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23 dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peluang Tim Nasional Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia semakin besar. Ini setelah pasukan Garuda menumbangkan tuan rumah Vietnam 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam.

Hasil ini membuat skuad polesan Shin Tae-yong nyaman di kursi runner up klasemen sementara Grup Fpada putaran kedua zona Asia ini. Perinciannya, Irak berada di singgasana dengan mengoleksi 12 poin sekaligus sudah memastikan lolos ke putaran kedua. Indonesia menyusul dengan tujuh poin. Kemudian Vietnam mengemas tiga angka. The Golden Star Warriors unggul dua poin atas Filipina di posisi juru kunci.

Baca Juga

Dengan tinggal dua pertandingan tersisa di Grup F, baik Indonesia, Vietnam, maupun Filipina masih memiliki peluang untuk mendampingi Irak. Namun tentu saja, peluang Indonesia lebih besar dengan posisi saat ini serta kalkulasi kekuatan para pesaing.

Berikut ini berbagai skenario yang dapat mengantarkan Indonesia melaju ke babak selanjutnya. 

1. Mengalahkan Irak

Indonesia akan memastikan tiket mendampingi Irak ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia jika bisa menaklukkan tim Singa Mesopotamia itu di Jakarta pada 6 Juni mendatang. Apa pun hasil laga Vietnam vs Filipina tak akan berpengaruh.

2. Menahan Irak, Vietnam bermain imbang dengan Filipina

Opsi lain, Vietnam dan Filipina bermain imbang. Jika hasilnya seperti ini, Indonesia akan dipastikan lolos jika berhasil menahan imbang Irak.

3. Mengalahkan Filipina

Andai dua sekenario awal tak berjalan karena Vietnam atau Filipina menang dan Indonesia kalah dari Irak misalnya, Indonesia bisa memastikan langkah dengan mengalahkan Filipina di Jakarta pada 11 Juni.

Pada pertemuan pertama, Indonesia bermain imbang di kandang Filipina. Harusnya bermain di kandang sendiri dengan tambahan sejumlah pemain keturunan akan membuat Indonesia bisa mengamankan kemenangan.

4. Menahan imbang Filipina

Skenario ini bisa terwujud jika dalam laga sebelumnya Indonesia kalah dari Irak sementara Filipina menang atas Vietnam. Menahan imbang Filipina cukup untuk memastikan Indonesia lolos.

5. Berharap Irak mengalahkan Vietnam jika Indonesia kalah dari Irak dan Filipina

Andai Vietnam mengalahkan Filipina sementara Indonesia kemudian kalah dari Irak dan Filipina, satu-satunya cara adalah berharap Irak menang ketika bertemu Vietnam. Dengan begitu, poin Indonesia masih unggul dari Vietnam, yakni tujuh berbanding enam.

Andai Vietnam membuat kejutan menahan imbang Irak, Indonesia masih tetap berpeluang lolos. Syaratnya, Indonesia harus menang dalam perhitungan gol atas Vietnam karena poin kedua tim sama-sama tujuh.

Dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, hasil head to head berada di urutan keempat setelah perhitungan jumlah poin yang diperoleh dari semua pertandingan grup, selisih gol terbesar dalam semua pertandingan grup, dan jumlah gol terbanyak yang dicetak dalam semua pertandingan grup.

Jika dalam tiga perhitungan ini Indonesia dan Vietnam masih sama, barulah kriteria poin head to head diterapkan. Indonesia unggul karena dua kali mengalahkan Vietnam.

Kita tentunya berharap Indonesia lebih cepat memastikan lolos ke babak ketiga tanpa bergantung hasil dari tim lain.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Sport (@republikasport)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement