Selasa 02 Apr 2024 23:36 WIB

KONI Tinjau Pembangunan Arena PON 2024 di Sumut

Progres pembangunan sejumlah venue di Sumut dinilai bagus.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman (kiri)
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman dan jajarannya, Selasa meninjau beberapa arena yang akan. digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Didampingi Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut Afifi Lubis dan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian beserta jajarannya, rombongan mengawali tinjauan ke Sumut Sport Center di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang dan diakhiri di Gedung Bowling Dispora Sumut.

Baca Juga

Venue yang kami lihat tadi progresnya 90 persen,” kata Marciano Norman.

Pertama ditinjau adalah Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center. Secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus.

Selanjutnya rombongan melihat Martial Arts Arena. Arena megah tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan beberapa cabang olahraga. Diharapkan ke depan, pasca PON XXI, venue tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, khusus masyarakat olahraga prestasi. Secara umum venue sudah rampung.

Terakhir di Sumut Sport Center, rombongan melihat Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi lokasi penutupan PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September 2024.

Stadion kebanggaan Sumut itu merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kapasitasnya mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni Solar Panel. Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7 persen/tahun.

“Stadion Utama yang dibangun oleh PUPR memang tahapannya hari ini baru 26 persen, tetapi ada kemajuan 7 persen sehingga capaiannya 33 persen,” kata Marciano.

“Perkiraan Stadion Utama itu akan selesai nanti pada bulan Agustus, tetapi diharapkan akhir Juli sudah selesai sehingga bisa dipakai untuk persiapan-persiapan lainnya,” sambungnya.

Usai melihat stadion utama, rombongan menuju Gedung Bowling Disporasu. Percobaan memainkan boling pun dilakukan oleh rombongan dan terbukti venue sudah siap.

“Saya optimistis Sumatra Utara bisa menepati waktu untuk penyelesaian venue-venuenya. Sekarang KONI Pusat dengan PB.PON XXI wilayah Sumatera Utara, kita melaksanakan rapat koordinasi tentang teknis penyelenggaraan PON XXI/2024,” katanya.

Atas seluruh kerja keras yang dilakukan, Ketum KONI Pusat berterima kasih, mengapresiasi dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Ketua PB PON XXI wilayah Sumut yang juga Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI Purn Dr Hassanudin dan jajarannya serta masyarakat Sumut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement