Selasa 02 Apr 2024 23:52 WIB

Arya Sinulingga Ungkap PSSI Sedang Dekati Dua Pemain Naturalisasi

Arya mengingatkan kedatangan pemain naturalisasi mestinya tidak membuat pemain ini.

Exco PSSI Arya Sinulingga
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsi
Exco PSSI Arya Sinulingga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, memaparkan PSSI sedang mendekati dua pemain naturalisasi lagi untuk membela timnas Indonesia pada masa yang akan datang.

Saat ditanyai apakah salah satunya adalah pemain klub Liga Belanda NEC Calvin Verdonk, Arya menolak untuk menyetujui atau membantahnya.

Baca Juga

"Sesuai kata pak Ketua Umum (PSSI Erick Thohir), mudah-mudahan ada dua pemain yang diproses dalam waktu dekat," ujar Arya saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Arya menjelaskan perekrutan pemain naturalisasi merupakan proses yang sangat panjang.

"Saya tidak mau ngomong (mengenai) Calvin. Yang pasti kita kalau dia belum sampai ke Indonesia, kita tidak mau ngomong, kita tidak mau janji karena ada prosesnya. Kapan dia ke sini, ya semua ada prosesnya," tambah pendiri klub SADA Sumut itu.

Polemik mengenai pemain asli Indonesia dan pemain keturunan masih kerap diperbincangkan penggemar sepak bola tanah air. Arya pun mengingatkan bahwa kedatangan pemain-pemain naturalisasi mestinya tidak membuat pemain-pemain lokal berkecil hati.

"Yang pasti kalau pemain lokal dari Liga 1 bagus pasti muncul. Sekarang siapa coba top skor siapa di Liga 1? (Ramadhan) Sananta. Itu artinya kalau dia berkualitas, dia bisa masuk ke timnas. Jadi jangan jadi polemik," tuturnya.

Arya yang juga merupakan Staf Khusus Menteri BUMN itu kemudian menjelaskan Erick Thohir memiliki peran yang sangat besar untuk meyakinkan agar para pemain keturunan mau berpindah kewarganegaraan menjadi WNI.

"Kita beruntung punya ketua umum eks presiden Inter Milan, kemudian dia juga punya (klub sepak bola) Oxford, jadi ketika dia cari pemain berdarah Indonesia, itu informasinya akan banyak, dan beliau punya tim juga untuk melihat bagus atau tidaknya itu pemain."

"Lalu kita beritahu Shin Tae-yong, ini ada pemain, Anda tertarik tidak? Sepanjang yang diusulkan Pak Erick, STY tidak menolak juga karena bagus-bagus. Kemudian Pak Erick akan bicara empat mata dengan pemain, lewat video call biasanya, dia akan diskusi dan akan paparkan kepada si pemain, visi misi timnas dan target timnas, dan bagaimana mereka akan diberi ruang untuk bermain," kata Arya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement