Rabu 03 Apr 2024 13:30 WIB

Erick Thohir Bertemu Tim Transformasi Perwasitan Sepak Bola Indonesia, Ini Targetnya

Wasit sering menjadi masalah di panggung lapangan hijau.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI era terkini terus menunjukkan komitmen meningkatkan kualitas sepak bola nasional. Berbagai sektor diperbaiki.

Tak hanya teknis pemain, fokus PSSI juga terarah pada pengadil di lapangan. Ini demi menghadirkan pertandingan yang lebih sportif secara konsisten.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjalin komunikasi dengan Yoshimi Ogawa dari tim transformasi perwasitan sepak bola Indonesia. Dua tokoh tersebut bertemu pada Selasa (2/4/2024) sore WIB. 

"Kami terus memperbaiki kualitas perwasitan untuk sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi," tulis Erick di Instgram-nya yang dikutip pada Rabu (3/4/2024).

Wasit sering menjadi masalah di panggung lapangan hijau. Bahkan di level tertinggi sekalipun. Tak jarang, keputusan para pengadil menimbulkan pro-kontra.

Itulah mengapa perlu ada pembenahan kualitas sosok yang memainkan peran itu. PSSI dan berbagai stakeholder terkait juga membenahi perangkat pendukungnya. 

Dalam waktu dekat VAR siap beroperasi di Liga 1 agar bisa memudahkan wasit dalam bertugas. Pada saat yang sama, jalannya laga lebih transparan. Semua orang jeli melihat setiap detail pertandingan.

Ketika sudah ada wasit yang berkualitas dan VAR diterapkan, maka kompetisi bakal lebih maju. Dari kompetisi yang maju, menghasilkan bibit-bibit berkelas. Muaranya ke tim nasional.

Berkali-kali Erick menegaskan komitmen Garuda Mendunia. Timnas Indonesia harus bisa bersaing di kasta tertinggi. Salah satu caranya dengan pembenahan liga dan semua detailnya. 

Belakangan sepak bola Indonesia terus mengalami peningkatan. Perlahan tapi pasti, semua berubah menjadi lebih baik. Peringkat FIFA Indonesia berpotensi meningkat setelah dua kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, bulan lalu.

Saat ini, timnas Indonesia U-23 sedang mempersiapkan diri menuju Piala Asia U-23 2024.  Selama 10 hari, Garuda Muda berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab. Setelahnya mereka bertolak ke Qatar. 

Erick berpesan agar skuad polesan Shin Tae-yong berani bermimpi besar, bertarung habis-habisan. Segalanya memungkinkan, termasuk kans Rizky Ridho dkk finis di tiga besar untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement