Kamis 04 Apr 2024 05:10 WIB

Fiorentina Unggul Tipis 1-0 Atas Atalanta pada Leg Pertama Semifinal Coppa Italia

Gol tendangan jarak jauh gelandang Rolando Mandragora pastikan kemenangan Fiorentina.

Gelandang Fiorentina Rolando Mandragora (tengah) merayakan golnya ke gawang Atalanta pada semifinal pertama Coppa Italia.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Gelandang Fiorentina Rolando Mandragora (tengah) merayakan golnya ke gawang Atalanta pada semifinal pertama Coppa Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Fiorentina selangkah lebih dekat ke final Coppa Italia dengan kemenangan 1-0 di kandang atas Atalanta pada leg pertama semifinal, Kamis (4/4/2024). Gol tendangan jarak jauh dari gelandang Rolando Mandragora pada babak pertama mengamankan kemenangan di Stadion Artemio Franchi.

Fiorentina, yang kalah di final tahun lalu dari Inter Milan dengan skor 2-1, berusaha untuk mengangkat trofi pertama bagi klub sejak mereka menjuarai Coppa Italia pada 2001.

Baca Juga

Mandragora membawa pasukan Vincenzo Italiano unggul pada menit ke-31 melalui tendangan brilian dari luar kotak penalti, yang memantul di tiang gawang. Golnya, yang dilesakkan dari jarak 27,6 meter, merupakan gol dari jarak terjauh yang dicetak oleh Fiorentina pada musim ini di semua kompetisi.

Gol sebelumnya dari jarak yang lebih jauh adalah tendangan jarak jauh Cristiano Biraghi ke gawang Hellas Verona pada Februari 2023 di Serie A.

Fiorentina, yang telah mencapai babak semifinal kompetisi dalam tiga musim berturut-turut untuk pertama kalinya, menguasai jalannya pertandingan. Namun hanya empat dari 20 percobaan yang tepat sasaran.

Mereka seharusnya dapat menggandakan keunggulan sebelum pertandingan berjalan satu jam melalui pemain sayap Nicolas Gonzalez. Ia melepaskan sundulan yang terlihat tidak dapat dihentikan, tapi penjaga gawang Atalanta, Marco Carnesecchi, melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis bola.

Atalanta memiliki salah satu peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-66 ketika Ademola Lookman memberikan umpan kepada Mitchel Bakker di dalam kotak penalti. Sayang bola tendangan pemain bertahan asal Belanda itu melebar tipis dari tiang jauh.

"Final sudah tinggal selangkah lagi, bahkan jika kami berhasil mencetak satu gol lagi, laga akan tetap sulit. Atalanta di kandang menutup Anda di daerah pertahanan sendiri. Kami tahu bahwa kami harus memainkan pertandingan yang luar biasa di sana," ujar Italiano kepada Mediaset. 

Sehari sebelumnya, Juventus meraih keunggulan 2-0 atas Lazio di semifinal pertama. Leg kedua akan dimainkan pada 23 dan 24 April sebelum final digelar di Stadion Olimpico Roma pada Mei.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement