Jumat 05 Apr 2024 14:29 WIB

Indonesia Naik Delapan Peringkat di Ranking FIFA, Sandy Walsh: Menyala Abangku

Saat ini, Indonesia berada di peringkat ke-134.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Sandy Walsh saat membela timnas Indonesia.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Sandy Walsh saat membela timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pihak merespons peringkat FIFA terbaru Indonesia. FIFA telah mengumumkan update peringkat anggotanya pada Kamis (4/4/2024). Acuannya dari laga internasional yang dijalani pada Maret, entah itu sekadar laga persahabatan atau kualifikasi Piala Dunia.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat ke-134. Pasukan Garuda berhasil naik delapan anak tangga. Sebelumnya, skuad polesan Shin Tae-yong tertahan di posisi ke-142.

Baca Juga

Tentu saja sebagian besar keluarga sepak bola Indonesia bereaksi positif terkait fakta ini. Salah satunya Sandy Walsh. Bek Garuda itu bersyukur, mereka terus berkembang.

"We keep going! Menyala Abangku," tulis Sandy di kolom komentar akun instagram Timnas Indonesia, yang dikutip pada Jumat (5/4/2024).

Begitu juga dengan Ragnar Oratmangoen. Ragnar hanya mengunggah gambar api pertanda semangat, juga gambar hati lambang cinta. Sebagian besar warganet bereaksi serupa.

Timnas Indonesia dalam tren positif. Anak asuh STY menyapu bersih kemenangan dalam dua leg melawan Vietnam pada jeda internasional, bulan lalu. Semuanya pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ini alasan peringkat Indonesia mengalami kenaikan signifikan. Indonesia mendapat tambahan 30,04 poin.  Sebuah tren apik sedang ditunjukkan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan.

"Ini menjadi peringkat terbaik Skuad Garuda dalam 13 tahun terakhir," demikian laporan yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Perjalanan masih panjang. Indonesia justru baru memulai petualanganya. Target Garuda Mendunia sering dikampanyekan.

Indonesia diharapkan terus bersaing di level yang lebih tinggi. Dampaknya bukan hanya pada kenaikan peringkat. Lebih dari itu, pasukan Garuda berpotensi bertemu lawan-lawan dengan kualitas mentereng.

Kemenangan back to back atas Vietnam membuat peluang Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, semakin terbuka lebar. Semuanya akan kelihatan pada Juni 2024. Saat itu, Marselino Ferdinan dkk menjamu Irak dan Filipina di Tanah Air.

Andai lolos ke putaran ketiga, minimal satu target prestisius sudah tercapai. Itu membuat Indonesia otomatis meraih tiket putaran final Piala Asia 2027.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement