Selasa 09 Apr 2024 16:12 WIB

Seusai Taklukkan Tim UEA, Pengamat Yakin Mental Pemain Indonesia U-23 Telah Teruji

Timnas U-23 Indonesia satu grup dengan Qatar, Australia dan Yordania

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 berjalan menuju pintu keberangkatan internasional di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (1/4/2024).  Timnas Indonesia U-23 akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Dubai sebelum mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Qatar.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 berjalan menuju pintu keberangkatan internasional di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (1/4/2024). Timnas Indonesia U-23 akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Dubai sebelum mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 sebentar lagi akan mentas di Piala Asia U-23. Tergabung dalam Grup A, tim asuhan Shin Tae-yong akan bersaing dengan Qatar, Australia dan Yordania untuk melaju ke babak selanjutnya. Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo percaya mental bukan jadi masalah bagi skuad Garuda Muda. 

Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong baru saja meraih kemenangan tipis 1-0 pada laga uji coba melawan Uni Emirat Arab, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. Kemenangan itu diraih setelah menelan kekalahan 1-3 dari Arab Saudi tiga hari sebelumnya. Itu akan menjadi modal positif menjelang turnamen sesungguhnya yang akan berlangsung mulai 15 April 2024 melawan Qatar.

Qatar memang bukan lawan yang mudah, selain karena statusnya sebagai tuan rumah, tim senior mereka sebelumnya juga berhasil menjuarai Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Yordania dengan skor 3-1 di babak final. Kesit meminta Witan Sulaeman dkk untuk berjuang semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik.

"Soal hasil nomor dua, yang penting bagaimana tim U23 bisa menunjukkan mental bertanding yang tinggi serta mampu menjalankan strategi yang diterapkan pelatih. Fokus dan disiplin dalam bermain sebagai sebuah tim. Ini yg tak boleh diabaikan," kata Kesit kepada Republika.co.id, Selasa (9/4/2024).

Menurutnya masih ada waktu bagi Garuda Muda untuk mematangkan persiapan menuju pertandingan tersebut. "Menurut saya, waktu yg tersisa saat ini bisa digunakan untuk meningkatkan kebugaran dan mengevaluasi apa saja perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh pelatih," kata dia.

Di sisi lain, Kesit tidak khawatir mengenai mental pemain muda di bawah asuhan Shin Tae-yong saat menghadapi lawan di level Asia. Menurutnya setelah berbagai latihan yang dilalui bersama, skuad Garuda punya kepercayaan diri tinggi untuk menghadapi lawan-lawan mereka di Piala Asia U-23 2024.

"Sejatinya pqara pemain yang tergabung sudah cukup teruji mentalnya," kata Kesit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement