Rabu 10 Apr 2024 15:56 WIB

Jawaban Guardiola Soal Foden yang Tampak Cedera Parah Saat Melawan Madrid

Foden tampak mengerang kesakitan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola (kiri) merayakan gol 2-2 yang dicetak oleh Phil Foden (tengah) pada pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City, di Madrid, Spanyol,  Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.
Foto: EFE
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola (kiri) merayakan gol 2-2 yang dicetak oleh Phil Foden (tengah) pada pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City, di Madrid, Spanyol, Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pep Guardiola telah mengecilkan kekhawatiran cedera seputar Phil Foden, setelah bintang Manchester City itu terpaksa keluar lapangan pada paruh kedua perempat final Liga Champions melawan Real Madrid, Rabu (10/4/2024) dini hari WIB. Dua pemenang terakhir kompetisi ini kembali menunjukkan pertandingan sengit di leg pertama perempat final, dengan skor berakhir 3-3 di Bernabeu.  

Bernardo Silva mencetak gol tendangan bebas pada detik ke-108, namun City tertinggal 2-1 kurang dari 12 menit kemudian setelah gol bunuh diri Ruben Dias dan tendangan Rodrygo memberi keunggulan bagi Los Blancos.

Baca Juga

Foden membuat City kembali menyamakan kedudukan di babak kedua saat ia mencetak gol kelima di Eropa musim ini ketika ia mengalahkan Andriy Lunin dari jarak jauh, sebelum Josko Gvardiol memilih waktu optimal untuk mencetak gol pertama City saat ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Ada twist lain dalam cerita ini ketika Federico Valverde melakukan tendangan voli untuk mencetak gol keenam malam itu untuk menyamakan kedudukan dan mempersiapkan leg kedua yang sangat siap minggu depan.

Mundurnya Foden di tahap terakhir adalah momen terakhir dari drama, sebuah insiden yang mengkhawatirkan bagi City mengingat performa pemain internasional Inggris yang luar biasa dan penyakit yang membuat Kevin De Bruyne absen di ibu kota Spanyol. Namun Guardiola meredakan kekhawatiran dalam wawancara pasca pertandingan.

"Itu adalah sebuah ketukan dan dia marah kepada saya karena saya melakukan pergantian pemain. Tapi dia kembali mencetak gol fantastis," kata mantan bos Barcelona itu kepada TNT Sports, dikutip dari Manchester World, Rabu (10/4/2024).

Ditanya tentang kontribusi Gvardiol, Guardiola mengaku beruntung City memilikinya. "Kami beruntung dia bersama kami dan bisa bermain hari ini karena jika tidak maka akan sangat sulit karena kami tidak memiliki pemain di lini belakang. Dia melakukan upaya luar biasa dan, bukan hanya mencetak gol, dia bermain sangat bagus. Dia pria yang luar biasa dan kami sangat senang memilikinya," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement