Rabu 10 Apr 2024 20:22 WIB

Pertahanan Arsenal Tuai Kritik dalam Hasil Imbang 2-2 Vs Bayern Munchen

Kapten Inggris itu menghukum kesalahan yang dilakukan bek The Gunners.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bukayo Saka (kanan) dari Arsenal beraksi melawan Alphonso Davies dari Bayern pada perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Arsenal FC dan FC Bayern Munich, di London, Inggris, Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.
Foto: EPA
Bukayo Saka (kanan) dari Arsenal beraksi melawan Alphonso Davies dari Bayern pada perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Arsenal FC dan FC Bayern Munich, di London, Inggris, Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rio Ferdinand mengkritik kenaifan Arsenal setelah membiarkan keunggulan satu gol mereka hilang saat melawan Bayern Muenchen dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (10/4/2024) dini hari WIB. Penalti Harry Kane di babak pertama membuat tim tamu unggul setelah Serge Gnabry membatalkan gol pembuka Bukayo Saka.

Kapten Inggris itu menghukum kesalahan yang dilakukan bek The Gunners William Saliba setelah ia menjatuhkan Leroy Sane di kotak penalti dan Ferdinand mengkritik pertahanan Arsenal yang membiarkan mantan bintang Manchester City itu masuk ke kotak penalti.

Baca Juga

Kiper ikonik Bayern, Manuel Neuer, mengawali pergerakan dengan aksi individu yang brilian dengan bola di kakinya sebelum Sane melepaskan diri dan dijatuhkan di dalam kotak penalti. Kane tidak membuat kesalahan saat ia mengeksekusi tendangan penaltinya ke sudut bawah.

Sebab itu, Ferdinand tidak terkesan dengan pertahanan Arsenal menjelang penalti karena Leroy Sane diizinkan masuk ke kotak penalti sebelum dilanggar oleh William Saliba. Pergerakannya dimulai oleh Manuel Neuer yang menjentikkan bola ke atas dan melewati Kai Havertz sebelum Sane menerobos ke dalam kotak dan dijatuhkan.

Ferdinand yakin Arsenal naif dalam bertahan karena Kane tidak melakukan kesalahan saat mengeksekusi penalti. "Kiwior, kamu seharusnya memenangkan pertarungan satu lawan satu. Anda tidak bisa membiarkan itu. Dan begitu dia (Sane) melampauinya di sini, itu semua tentang Leroy Sane yang dia tipu,"ckata Ferdinan dikutip dari Caughtoffside, Rabu (10/4/2024).

"Dia bergerak dan empat bek Arsenal, saya pikir kenaifan berperan dalam cara mereka membiarkannya meluncur di tengah-tengah hal itu," ujar Ferdinand.

Mantan bek Arsenal Martin Keown tidak senang dengan banyaknya ruang yang diberikan Sane dan juga mengkritik Kiwior. "Maksud saya, lihat permainan serangan balik dari Bayern. Tidak mungkin mereka bisa lewat sana. Kiwior kamu benar. Dia terlihat agak gemetar di sisi kirinya dan tentu saja pria yang baru saja berdiri ini benar-benar mengambil mickey," kata dia 

"Kiper (David Raya) terlihat sedikit panik, sedikit terburu-buru malam ini dan mungkin lagi-lagi karena penalti ketika dia melakukan diving terlalu awal," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement