Kamis 11 Apr 2024 05:19 WIB

Pertahanan Solid Atletico Hadirkan Kemenangan Tipis Atas Dortmund di Liga Champions

Atletico mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 pada leg pertama perempat final.

Pemain Atletico Madrid Samuel Lino melepaskan percobaan ke gawang Borussia Dortmund pada laga pertama perempat final Liga Champions.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain Atletico Madrid Samuel Lino melepaskan percobaan ke gawang Borussia Dortmund pada laga pertama perempat final Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid mencetak dua gol pada babak pertama lewat permainan dominan pada babak pertama. Namun pertahanan solidlah yang menghasilkan kemenangan Atletico 2-1 pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Civitas Metropolitano, Madrid, Kamis (11/4/2024) dini hari WIB

Tim asal Spanyol memegang kendali penuh pada babak pertama, tapi harus menerima tekanan pada menit-menit akhir dari tim Jerman yang berhasil memperkecil ketertinggalan melalui Sebastien Haller pada menit ke-81. Dua kali tendangannya kemudian membentur tiang gawang.

Baca Juga

Atletico, yang mencari tempat di semifinal pertama mereka dalam tujuh tahun terakhir, membuat tim tamu tertekan dengan permainan tekanan tinggi yang agresof. Strategi tersebut terbayar setelah empat menit ketika penjaga gawang Dortmund, Gregor Kobel, menunda operan kepada Ian Maatsen dan Rodrigo De Paul mencegat bola untuk memasukkannya ke dalam gawang.

Hanya tiga menit kemudian Kobel melakukan penyelamatan sensasional dengan satu tangan untuk menepis tendangan backheel Axel Witsel ke atas mistar gawang. Namun tim Jerman sangat kesulitan untuk mengeluarkan bola dari daerah pertahanan mereka.

Peluang terbaik mereka adalah tendangan mendatar dari Maatsen yang masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Atletico, Jan Oblak.

Tim asal Spanyol ini kembali mencetak gol berkat kesalahan lini pertahanan Dortmuns lainnya saat Samuel Lino menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-32 setelah menerima umpan dari Antoine Griezmann.

Masuknya Julian Brandt setelah jeda langsung memberikan Dortmund kekuatan di lini depan. Namun Lino kembali memaksa Kobel melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-75 sebelum akhirnya Sebastien Haller memperkecil ketertinggalan di menit ke-81. Gol yang meningkatkan peluang wakil Jerman ini pada pertemuan kedua pada tengah pekan depan.

Pemain bertahan Mats Hummels, yang mencatatkan penampilan ke-500 untuk Dortmund, kemudian membuat mereka tetap bertahan dalam pertandingan, dengan melakukan penyelamatan untuk menghentikan tendangan Angel Correa.

Die Borussen melewatkan dua peluang untuk menyamakan kedudukan pada akhir pertandingan, dengan tendangan Jamie Bynoe-Gittens yang berubah arah pada menit ke-87 memantul di atas mistar gawang. Sundulan Brandt pada detik-detik terakhir waktu tambahan juga membentur tiang gawang.

"Segalanya tetap terbuka," kata pelatih Dortmund, Edin Terzic. "Sepanjang 30 menit pertama tidak cukup baik. Seringkali, pada level ini, semuanya sudah berakhir jika Anda membuat begitu banyak kesalahan. Namun kami tidak menerima hal itu dan masih bisa menunjukkan kemampuan kami."

"Kami membuat terlalu banyak kesalahan. Pada akhirnya, hasil imbang bukanlah sesuatu yang tidak pantas. Sekarang kami menantikan apa yang akan terjadi dalam enam hari ke depan. Hari ini, kami merasakan apa yang mereka inginkan dan sekarang kami tahu apa yang harus kami lakukan di kandang," tegasnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement