Kamis 11 Apr 2024 17:55 WIB

Bertemu dan Berdiskusi dengan Massimo Moratti, Erick Thohir: Forza Inter

Erick dan Moratti sama-sama mantan bos klub Inter Milan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Erick Thohir (kiri) dan Massimo Moratti.
Foto: Reuters
Erick Thohir (kiri) dan Massimo Moratti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu mantan pemilik sekaligus Presiden Inter Milan Massimo Moratti. Erick membagikan momen pertemuan mereka di Instagram pribadinya.

Pada masa lalu, Erick juga pernah menjalani peran serupa. Sehingga mereka sudah saling mengenal di level profesional. Bahkan, Erick-lah yang mengambil alih Inter saat dilepas Moratti.

Baca Juga

Erick menceritakan bagaimana mereka berbicara tentang banyak hal di dunia yang semakin dinamis dan tanpa batas. Lalu karena sama-sama mencintai lapangan hijau, tentu ada diskusi khusus mengenai hal itu. Terutama seputar tantangan sepak bola Italia dan dunia pada masa kini.

"Tambah semangat ngobrolnya karena Inter Milan punya peluang besar untuk juara Serie A musim ini. Forza Inter," tulis sosok yang juga menjabat sebagai Menter BUMN itu di IG miliknya, dikutip pada Kamis (11/4/2024).

Moratti sangat identik dengan I Nerazzurri sepanjang hidupnya. Ia meraih banyak kesuksesan bersama tim tersebut. Lalu Pada 2013 lalu, Erick menjadi orang asia pertama yang memimpin klub besar di negeri Spageti itu. 

Erick membeli 70 persen saham La Beneamata. Ia bergerak cepat membenahi manajemen. Saat itu, kondisi Inter jauh dari kata ideal. 

Selain kesulitan bersaing di papan atas, keuangan kubu Nerazurri juga kurang sehat. Erick merekrut beberapa profesional yang sebelumnya pernah berkarier di Manchester United. 

Pada pertengahan 2016, valuasi Inter meningkat 16 persen. Itu menurut catatan Forbes. Berjalannya waktu, Nerazzurri kembali ke habitat alami.

Erick meninggalkan klub tersebut dalam keadaan sehat. Proses perpindahan tangan dari dirinya ke Suning Grup berlangsung perlahan. Dimulai dari pertenganan 2016 lalu, ia mengajak Suning berinvestasi ke Inter.

Lalu Erick tetap menjadi Presiden Inter Milan sampai Oktober 2018. Kini Suning sudah memiliki 68,55 persen di La Beneamata. Presiden Steven Zhang meneruskan tugas pendahulunya dengan baik.

Inter dalam beberapa tahun terakhir, sudah kembali ke jalur semestinya. Pada 2021, klub tersebut meraih scudetto. Itu gelar Serie A pertama mereka setelah lebih dari satu dekade gagal berpesta.

Musim lalu, Inter lolos ke final Liga Champions. Musim ini, anak asuh Simone Iznaghi semakin dekat dengan scudetto berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement