Jumat 12 Apr 2024 13:46 WIB

Alonso Kembali Tunjukkan Kejeniusannya, Leverkusen Di Ambang Treble

Bayer Leverkusen masih sulit dibendung.

Rep: Fredikus Dominggus/ Red: Muhammad Hafil
 Xabi Alonso (R)
Foto: EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Xabi Alonso (R)

REPUBLIKA.CO.ID,LEVERKUSEN -- Bayer Leverkusen masih sulit dibendung. Teranyar, Leverkusen kembali melanjutkan catatan positifnya. 

Skuad polesan Xabi Alonso perkasa saat bertemu West Ham United pada leg pertama perempatfinal Liga Europa musim 2023/24. Die Werkself unggul 2-0 atas West Ham di BayArena, Jumat (12/4/2024) dini hari WIB. Kans wakil Jerman ini menuju fase selanjutnya, semakin terbuka lebar.

Baca Juga

"Kami senang dengan hasilnya, meski tidak mudah. Mereka bertahan sangat dalam dan selalu memiliki banyak pemain di area penalti," kata Alonso, dikutip dari laman resmi klubnya.

Ia melihat pasukannya tidak tergesa-gesa. Granit Xhaka dan rekan-rekan tetap tenang memainkan penguasaan bola. Hasilnya berbuah manis.

Gol yang ditunggu publik tuan rumah  akhirnya datang juga. Sekitar tujuh menit sebelum waktu normal berakhir, Jonas Hofmann menjebol gawang kubu tamu. Alonso menunjukkan kecerdasan dalam strategi pergantian pemain.

Ia memasukkan Hofmann di menit ke-77. Belum lama berada di lapangan, sang winger langsung memecah kebuntuan. Lalu pada injury time, tepatnya di menit 90+1, Victor Boniface, membuat Leverkusen memperlebar jarak.

Sama seperti Hofmann, Boniface juga baru turun gunung di pertengahan babak kedua. Para pemain pengganti ini membuat perbedaan. Pendukung Die Werkself tertawa lepas.

"Kami menunggu momen kami, dan momen itu akhirnya tiba, meskipun terlambat. Kami selalu membutuhkan semua pemain. Setiap orang harus siap ketika mereka masuk. Anda bisa melihatnya hari ini," ujar Alonso.

Hasil demikian membuat Leverkusen tak terkalahkan di 42 pertandingan beruntun di musim ini. Hitungannya dari berbagai ajang. Wakil Jerman itu masih aktif di semua kompetisi.

Jika memenangkan satu pertandingan lagi, Jonathan Tah dkk dipastikan finis di posisi teratas Bundesliga. Die Schwarzroten juga lolos ke partai puncak DFB Pokal. Anak asuh Alonso jumpa FC Kaiserslautern. 

Kemudian, Leverkusen berpeluang melaju ke semifinal Liga Europa. Artinya, Die Werkself siap membuat sejarah besar. Klub tersebut berpotensi meraih treble musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement