Jumat 12 Apr 2024 16:16 WIB

Gasperini Rasakan Kepuasan Terbesar Setelah Kalahkan Liverpool di Anfield

Atalanta menaklukkan Liverpool 3-0 di Anfield.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini
Foto: EPA-EFE/MICHELE MARAVIGLIA
Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini semringah setelah timnya membuat kejutan di pentas sepak bola Eropa. La Dea menghajar tuan rumah Liverpool 3-0 pada leg pertama perempat final Liga Europa musim 2023/24 di Stadion Anfield, Jumat (12/4/2024) dini hari WIB.

Wakil Italia itu menunjukkan performa fantastis sepanjang pertandingan. Semua penggawa Gli Orobici sangat disiplin mengawal areanya. Pada momen yang tepat, Teun Koopmeiners dan rekan-rekan membunuh lawan lewat serangan balik mematikan.

Baca Juga

"Terima kasih. Ini hasil yang luar biasa bagi sejarah Atalanta, bagi penggemar yang datang ke Liverpool dengan semangat yang begitu besar," kata Gasperini kepada Sky, dikutip dari Football Italia.

Menurutnya, tampil di arena seperti Anfield sudah membuat mereka bangga. Apalagi berhasil meraih hasil impresif seperti ini. Gasperini meminta pasukannya mempertahankan pencapaian mereka.

Sebenarnya, Atalanta pernah menang di markas Liverpool beberapa tahun lalu. Tepatnya pada babak penyisihan Liga Champions. Namun, saat itu stadion kosong karena masih dalam era pandemi covid-19.

"Sensasinya sangat berbeda. Sungguh luar biasa melihat betapa bahagianya para penggemar dan itu kepuasan terbesar," ujar Gasperini.

Sekitar dua ribu tifosi La Dea berada di tribun Anfield. Saat peluit akhir dibunyikan, mereka enggan beranjak keluar stadion. Para pendukung Atalanta berbagi kegembiraan dengan sederet idolanya. Momen-momen seperti itu membuat Gasperini tersentuh. 

Selanjutnya ia membahas kinerja pemainnya. Ia benar-benar menyukai kedisiplinan yang ditunjuukkan Marten De Roon dkk.

"Kami sangat presisi dalam bertahan dan nyaris tidak pernah membiarkan mereka menerobos. Kami tahu itu berisiko. Jika Anda membiarkan Liverpool menyerang Anda secara konsisten, pada akhirnya mereka akan mencetak gol," ujar allenatore berusia 66 tahun ini.

Meski dalam kondisi yang sangat bahagia, Gasperini tak mau kehilangan fokus. Masih ada leg kedua di Bergamo. Ia memprediksi kubunya akan mendapat tekanan seperti hari ini.

Namun sebelum menuju partai tersebut, sejenak Atalanta mengalihkan fokus ke kompetisi domestik. Gli Orobici dijadwalkan bertemu Hellas Verona pada giornata ke-32 Serie A di Stadion Gewiss, Selasa (16/4/2024) pukul 01.45 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement