Jumat 12 Apr 2024 18:28 WIB

Pelatih Evaluasi Penampilan Bagas/Fikri pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024

Bagas/Fikri gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Muhammad Shohibul Fikri (kiri) dan Bagas Maulana.
Foto: Georgios Kefalas/Keystone via AP
Muhammad Shohibul Fikri (kiri) dan Bagas Maulana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pelatih Ganda Putra Pelatnas PBSI Aryono Miranat mengevaluasi penampilan pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, yang terhenti dalam babak awal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024. 

Mereka dikalahkan pasangan Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dengan 21-15, 16-21, 17-21 pada babak 32 besar yang digelar di Ningbo, China, Rabu (10/4/2024). 

Baca Juga

Aryono menilai pola permainan Bagas/Fikri sudah tepat, tapi masih kurang sabar dalam merebut angka.

"Mereka bisa menekan dan bermain dengan pola menyerang. Namun ketika lawan memiliki pertahanan kuat, mereka malah kurang tahan. Sebaliknya saat mendapat serangan balik, mereka kurang dalam permainan bertahan," kata Aryono dalam keterangan PBSI pada Jumat (12/4/2024). 

Pasangan peringkat sembilan Race to Paris itu ditargetkan untuk setidaknya melaju hingga semifinal BAC 2024, demi mengamankan slot terakhir ganda putra lolos kualifikasi Olimpiade musim panas tahun ini.

Karena mereka tersingkir lebih dini, slot terakhir ganda putra untuk Olimpiade 2024 Paris pun kemungkinan besar menjadi milik pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi. Pasangan ini berada di peringkat delapan Race to Paris.

"Memang tidak mudah dan perlu perjuangan ekstra keras bagi Bagas/Fikri untuk bisa lolos ke Olimpiade dari Kejuaraan Asia ini. Mereka harus mencapai minimal babak semifinal," kata Aryono.

"Mereka juga sudah berjuang maksimal dan hasilnya belum seperti yang diharapkan untuk berpartisipasi pada Olimpiade Paris nanti," sambungnya. 

Indonesia memastikan mengirim wakil pada semua nomor bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Skuad Merah-Putih akan diwakili Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting pada tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ganda putra, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti ganda putri, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement