Ahad 14 Apr 2024 09:24 WIB

2 Gol Fernandes Antarkan MU Bawa Pulang Satu Poin dari Kandang Bournemouth 

MU berada terpaut 10 poin dari empat besar di peringkat ketujuh

Rep: Fitriyanto / Red: Nashih Nashrullah
Bournemouth
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Bournemouth

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Manchester United hampir kebobolan penalti di menit-menit terakhir saat mereka bermain imbang 2-2 dengan AFC Bournemouth di Vitality Stadium pada Ahad (14/4/2024) dinihari WIB.

Dua gol Bruno Fernandes terbukti cukup untuk membawa satu poin bagi tim asuhan Erik ten Hag, yang dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk menghindari kekalahan telak. 

Baca Juga

Man Utd tetap terpaut 10 poin dari empat besar, berada di peringkat ketujuh dan gagal melampaui Newcastle United menyusul kemenangan mereka melawan Tottenham Hotspur.

Gol dari Dominic Solanke dan Justin Kluivert sebelumnya memberi hasil positif bagi penampilan Bournemouth di babak pertama.

The Cherries – yang berada di peringkat ke-12 – mengira mereka mendapatkan tendangan penalti tepat di akhir masa tambahan waktu babak kedua ketika Ryan Christie diganjal oleh Willy Kambwala, namun pelanggaran tersebut dianggap terjadi di luar kotak penalti.

Jalannya pertandingan 

Tergelincirnya Kambwala menyebabkan gol pembuka Bournemouth pada menit ke-16, memberi ruang bagi Solanke untuk mencapai tepi kotak penalti dan mengarahkan penyelesaiannya ke sudut kiri bawah.

Fernandes menyamakan kedudukan di menit 31 dengan melakukan tendangan voli setelah umpan silang Alejandro Garnacho dibelokkan ke arahnya.

Namun, United terus menyia-nyiakan peluang dan Kluivert mengembalikan keunggulan Bournemouth dalam waktu lima menit, maju ke area penalti tanpa tekanan untuk mencetak gol di tiang dekat.

United mendapat kelonggaran besar ketika sundulan Milos Kerkez membentur mistar gawang dan meneruskannya, namun mereka melepaskan tembakan peringatan menjelang turun minum ketika sepakan Fernandes membentur mistar gawang dari jarak 25 yard.

Fernandes kembali mencetak gol pada 20 menit babak kedua, mengirim Neto ke arah yang salah dari jarak 12 yard setelah tembakan Kobbie Mainoo dibelokkan oleh Christie dan mengenai lengan Adam Smith.

Bournemouth kemudian dua kali ditolak penaltinya, dengan Christie terlibat di kedua kesempatan tersebut.

Setelah mendapat kartu kuning karena simulasi ketika terjatuh akibat tekel Diogo Dalot, Christie kemudian dilanggar oleh Kambwala lima menit menjelang masa tambahan waktu, namun keputusan wasit Tony Harrington untuk memberikan penalti dibatalkan setelah peninjauan VAR, yang menentukan bahwa tekel tersebut terjadi di luar kotak penalti.  

Dengan Erling Haaland yang gagal mencapai kecepatan luar biasa yang ia capai musim lalu, pintu terbuka lebar bagi penyerang lain untuk bersaing memperebutkan Sepatu Emas Castrol, dan Solanke melakukan hal tersebut.

Dia menunjukkan kecepatan, kekuatan, dan presisi saat mengalahkan Kambwala dan mengalahkan Andre Onana untuk gol pembuka Bournemouth, dengan golnya yang ke-17 di Premier League musim ini membuatnya terpaut tiga gol dari Haaland dan menyamai Alexander Isak dan Mohammed Salah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement