Senin 15 Apr 2024 07:33 WIB

Ini Lima Pemain Pilar Kunci Kesuksesan Bayer Leverkusen Raih Juara Liga Jerman

Leverkusen juara Liga Jerman dengan lima laga tersisa.

Leverkusen players celebrate their side
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Leverkusen players celebrate their side

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayer Leverkusen mengangkat Piala Bundesliga untuk pertama kalinya setelah menang 5-0 atas Werder Bremen pada Senin (15/4/2024) dini hari WIB, sekaligus memperpanjang rekor 43 pertandingan tak terkalahkan. Ini merupakan gelar Liga Jerman pertama untuk Leverkusen.

Kesuksesan klub berjuluk Die Werkself itu bukan hanya buah kerja keras pelatih Xabi Alonso seorang, melainkan juga buah beberapa pemain. Mereka sangat berkontribusi membawa Leverkusen menjadi salah satu klub terhormat di Jerman, sekaligus menghapus julukan si "Neverkusen" karena tak pernah menjuarai Bundesliga.

Baca Juga

Berdasarkan catatan laman resmi Bundesliga, Bayer Leverkusen memiliki skuad bertalenta dengan rata-rata usia 24,8 tahun. Meski berstatus klub dengan pemain muda, dari 27 pemain yang didaftarkan terdapat 20 pesepak bola yang sudah memperkuat timnas di negaranya masing-masing.

Memiliki skuad muda dengan masa depan cerah menjadi salah satu alasan Xabi Alonso memilih bertahan di BayArena. Ia tidak goyak meski diincar klub-klub besar Eropa seperti Liverpool dan Bayern Munchen.

Di antara 27 pemain, terdapat lima nama yang selalu menjadi andalan Xabi Alonso karena memberikan kontribusi maksimal dan kerap menjadi penentu kemenangan tim. Berikut ulasannya sebagaimana dilaporkan AFP:

Florian Wirtz

Di antara sederet bintang muda dalam skuad Bayer Leverkusen, Florian Wirtz merupakan yang bersinar paling terang. Gelandang serang kelahiran Pulheim, Jerman, 20 tahun lalu itu memiliki visi bermain yang jelas dan lihai membaca arah permainan lawan. Media Jerman menyebut cara bermain Wirtz mirip dengan Kevin de Bruyne.

Wirtz kerap memanjakan para striker Bayer Leverkusen dengan umpan-umpannya yang akurat serta pandai membuka ruang. Pemain yang memulai debutnya pada musim 2020 itu telah menyumbang 14 gol dan 18 assist  dalam semua kompetisi musim ini.

Kelebihan Wirtz lainnya adalah ketenangan dalam mengeksekusi bola mati dan menjadi eksekutor penalti utama untuk Leverkusen.

photo
Gelandang Bayer Leverkusens Florian Wirtz (kanan). - (AP Photo/Martin Meissner)

Alex Grimaldo

Leverkusen merekrut bek kiri Alex Grimaldo dengan status bebas transfer dari Benfica musim panas tahun lalu. Kendati berstatus pemain "gratisan", Grimaldo ternyata bukan bek yang biasa-biasa saja. 

Pemain yang baru dua kali memperkuat timnas Spanyol itu memiliki keahlian dalam mengirimkan umpan tajam dari sisi kiri. Pria kelahiran Valencia 28 tahun lalu itu juga piawai saat menjadi eksekutor tendangan bebas dan sepak pojok. 

Duet Grimaldo di sisi kiri dan Jeremie Frimpong di sisi kanan sudah berkontribusi 39 gol untuk Leverkusen sepanjang musim ini.

Kelebihan lain Grimaldo adalah stamina yang prima dan jarang cedera. Ia menjadi pemain kedua dengan menit bermain terbanyak (3.416 menit) setelah Granit Xhaka (3.445 menit).

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement