Senin 15 Apr 2024 11:39 WIB

Ini Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-23 Vs Qatar pada Laga Pembuka Piala Asia U-23

Doa dan dukungan mengalir deras untuk timnas Indonesia U-23.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Witan Sulaeman, pencetak gol kemenangan timnas U-23 atas UEA dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23.
Foto: dok PSSI
Witan Sulaeman, pencetak gol kemenangan timnas U-23 atas UEA dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA  -- Tim nasional Indonesia U-23 akan bertemu Qatar U-23 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024, malam ini. Duel tersebut berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Sebuah ujian untuk tim Garuda Muda. Mereka bukan hanya menghadapi salah satu favorit juara. Lawan kita berstatus tuan rumah yang bakal didukung penggemar mereka.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI menyemangati pasukan Garuda Muda. Erick menegaskan doa dan dukungan mengalir deras untuk timnas U-23.

Dalam beberapa kesempatan, Erick tak henti-hentinya membakar semangat Marselino Ferdinan dan rekan-rekan. Ia meminta para penggawa Timnas Indonesia bermain dengan penuh kebanggaan dan nyali yang besar. Jika ditambah dengan persiapan matang yang sudah dilakukan, maka bukan tidak mungkin Garuda Muda mencapai hal besar.

Dalam  konferensi pers, pelatih Shin Tae-yong (STY) membahas situasi terkini timnya. Menurut dia, pasukannya menunjukkan perkembangan positif selama persiapan. Sebelum bertolak ke Qatar, Rizky Ridho Ramadhani dkk menjalani pemusahan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

"Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat," kata STY dalam konferensi pers, dikutip dari situs resmi PSSI.

Pada partai pemanasan, Timnas Indonesia sempat kalah 1-3 saat berhadapan dengan Saudi. Kemudian ketika jumpa UEA, timnas U-23 meraih kemenangan tipis, 1-0. Witan Sulaeman dkk banyak menciptakan peluang emas pada laga tersebut.

Tentu saja, fokus STY bukan semata-mata pada hasil. Ia melihat agenda uji coba membantu mereka mempelajari permainan tim-tim Timur Tengah, sekaligus sebagai simulasi menghadapi Qatar.

Menghadapi Qatar, berikut prediksi starting XI timnas U-23 jika STY memakai formasi 4-3-3.

Sang arsitek berpotensi menurunkan Ernando Ari di bawah mistar gawang. Di depan Ernando, berdiri empat bek sejajar. Pratama Arhan di kiri. Nathan Tjoe-A-on juga tersedia. Namun Nathan tidak bergabung sejak pemusatan latihan. Sehingga STY diprediksi masih mengandalkan Arhan di area bek kiri.

Di posisi bek kanan, ada Rio  Fahmi. Kemudian duet Rizky Ridho - Komang Teguh mengisi pos palang pintu. Jika Justin Hubner sudah bergabung, maka Ridho kemungkinan besar ditandemkan dengan palang pintu Cerezo Osaka ini di partai selanjutnya.

Menuju sektor gelandang. Tiga nama bercokol di sana. Marselino Ferdinan di kiri, Ivar Jenner di tengah alias di posisi nomor enam, dan Arkhan Fikri di kanan.

Terakhir di lini serang, Rafael Struick di kiri, Witan Sulaeman di kanan, sementara Hokky Caraka bertugas sebagai ujung tombak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement