Senin 15 Apr 2024 12:00 WIB

Pengamat Nilai Peluang Timnas Indonesia U-23 Sama Kuat, Qatar Bukan Tim Istimewa

Indonesia U-23 akan menghadapi Qatar U-23 pada laga pembuka Piala Asia U-23.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Latihan timnas Indonesia U-23 di Dubai.
Foto: dok PSSI
Latihan timnas Indonesia U-23 di Dubai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Piala Asia U-23 2024 akan dimulai Senin (15/4/2024) malam. Indonesia yang tergabung di Grup bersama Australia, Yordania, dan Qatar akan memulai perjuangannya pada ajang sepak bola kelompok umur ini.

Laga perdana akan digelar pada pukul 20.00 WIB yang mempertemukan Australia melawan Yordania di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa Qatar. Sedangkan Indonesia akan menghadapi tuan rumah Qatar pada pukul 22.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad.

Baca Juga

Meski tim asuhan Shin Tae-yong tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya karena sejumlah pemain tak dapat bergabung, pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo menyebut peluang tetap sama kuat alias 50:50. Ia menilai Qatar bukan lawan yang istimewa.

"Untuk timnas Indonesia U-23, ini merupakan pertemuan pertama dengan Qatar. Peluang 50:50. Qatar tidak termasuk dalam tim yang istimewa, meskipun mereka sudah beberapa kali tampil di Piala Asia U-23," ujar Kesit ketika dihubungi Republika.co.id.

Kesit menambahkan, Qatar diuntungkan karena mereka tuan rumah. Dukungan publik mereka pasti sangat besar. Itu saja yang harus diwaspadai dari Qatar. 

"Jalannya pertandingan bakal berlangsung ketat mengingat ini laga perdana yang pastinya tidak mudah untuk dilewati," ujar Kesit.

"Peluang Indonesia untuk bisa memetik angka pada debut di Grup A cukup besar. Namun untuk mengalahkan Qatar dipastikan Marselino dkk harus kerja keras," ungkapnya.

Menurut dia, terpenting buat timnas U-23 jangan sampai kalah pada laga pembuka agar langkah ke depan bisa lebih ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement