Senin 15 Apr 2024 14:42 WIB

Bung Kus: Timnas Indonesia U-23 Harus Pede, Qatar tidak Superior

Bung Kus menilai, secara materi, timnas Indonesia U-23 masih cukup kuat.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Latihan timnas Indonesia U-23 di Dubai.
Foto: dok PSSI
Latihan timnas Indonesia U-23 di Dubai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengatakan persaingan grup A Piala Asia U-23 AFC relatif berimbang. Timnas Indonesia U-23 harus percaya diri saat menghadapi Qatar, Senin (15/4/2024) malam nanti. Menurut dia, Qatar U-23, tidak superior seperti tim seniornya.

"Kekuatan empat peserta di grup ini relatif berimbang. Meskipun di level senior juara Asia, tapi di level U-23 kemampuan tuan rumah Qatar tidak terlalu superior," kata Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni ketika dihubungi Republika.co.id, Senin.

Baca Juga

Bung Kus menambahkan, dalam lima laga terakhir, Qatar hanya sekali menang. Itu pun lawan Malaysia. Artinya, kekuatan mereka tidak beda jauh dengan Indonesia.

"Masalah tim Indonesia U-23 adalah persiapan yang kurang optimal. Uji coba hanya dua kali dan beberapa pemain kunci tidak atau belum bisa bergabung," ujarnya.

"Shin Tae-yong (STY) harus bisa menanamkan kepercayaan diri kepada pemain yang ada untuk tampil percaya diri. Tidak boleh terpengaruh oleh absennya beberapa pemain inti," ungkapnya.

Bung Kus menilai secara materi, tim asuhan STY masih cukup kuat. Sebab dihuni sebagian besar pemain yang sudah merasakan bermain di timnas senior.

Mengenai formasi, Bung Kus menyatakan, STY ada baiknya juga tidak banyak melakukan eksperimen atau merombak formasi. Pertahankan pola 3-4-3 dengan sedikit penyesuaian dalam penempatan pemain untuk mengatasi absennya beberapa pemain kunci.

"Laga pertama ini sangat penting. Indonesia U-23 tidak boleh kalah agar langkah selanjutnya bisa lebih mantap dan para pemain semakin percaya diri. Untuk itu, bermainlah dengan kepercayaan diri tinggi tapi fokus dan disiplin. Jangan bikin kesalahan, terutama di 10 menit awal dan akhir pertandingan," jelasnya.

Bung Kus mengingatkan, "Kita sering mendapat hasil kurang bagus karena kurangnya konsentrasi di 10 menit awal dan akhir pertandingan. Semoga itu tidak terjadi saat melawan Qatar yang pasti akan main penuh semangat di hadapan para suporternya." 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement