Selasa 16 Apr 2024 16:32 WIB

Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Qatar Vs Indonesia di Piala Asia U-23 yang Berat Sebelah

Nasrullo Kabirov dianggap memimpin laga dengan sejumlah keputusan berat sebelah.

Akun instagram Nasrullo Kabirov, wasit yang sedang
Foto: Dok. IG
Akun instagram Nasrullo Kabirov, wasit yang sedang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov menjadi "public anemy" masyarakat Indonesia lantaran keputusan kontroversialnya di lapangan saat memimpin laga Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia menyerah 0-2 dari Qatar pada laga pertama Piala Asia U-23, Senin (15/4/2024) malam WIB.

Sejumlah keputusan yang diambil Nasrullo Kabirov menimbulkan kontroversial dan dinilai merugikan Garuda Muda. Contohnya yakni mengganjar Ivar Jenner dan Ramadan Sananta dengan kartu merah.

Nasrullo juga memberikan Qatar hadiah penalti atas pelanggaran Rizky Ridho di kotak terlarang. Beberapa keputusan kontroversial itulah yang membuat wasit berusia 38 tahun dinilai "berat sebelah".

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong pun meluapkan kekecewaannya seusai laga. Ia merasa tim diperlakukan tak adil sehingga kalah 0-2 dari Qatar sang tuan rumah.

"Di sepak bola, Anda bisa menang, bisa kalah. Jadi pertama saya berikan selamat ke tim Qatar," kata dia membuka pernyataannya dalam konferensi pers seusai laga.

Shin mengaku paham Qatar berstatus tuan rumah turnamen. Shin juga mengerti ada keuntungan tersendiri bagi tuan rumah sebuah pertandingan sepak bola. Namun, kali ini, ia merasa berlebihan.

"Banyak keputusan wasit yang merugikan. Kalian bisa lihat, ini bukan pertandingan sepak bola, tapi pertunjukan komedi. Saya paham ada keuntungan sebagai tuan rumah, tapi hari ini terlalu banyak," kata Shin.

Profil Nasrullo Kabirov

Lahir pada 5 Mei 1985, Nasrullo Kabirov sudah memimpin sejumlah laga internasional dari berbagai jenjang usia sejak 2018. Melansir Transfermarkt, Nasrullo Kabirov sudah mewasiti 90 laga internasional seperti di ajang Asian Games 2018, SEA Games 2022, dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sepanjang 90 laga yang dipimpinnya, Nasrullo Kabirov telah mengeluarkan 326 kartu kuning, 9 kartu merah di mana 2 di antaranya diberikan untuk Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement