Rabu 17 Apr 2024 13:06 WIB

9 Fakta yang Tercipta Setelah Dortmund Singkirkan Atletico Madrid di Liga Champions

Ini untuk pertama kali sejak 2013 Dortmun lolos ke semifinal Liga Champions.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Atletico fans light flares during the UEFA Champions League quarter final, 2nd leg match between Borussia Dortmund and Atletico Madrid in Dortmund, Germany, 16 April 2024.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Atletico fans light flares during the UEFA Champions League quarter final, 2nd leg match between Borussia Dortmund and Atletico Madrid in Dortmund, Germany, 16 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Borussia Dortmund perkasa saat bertemu Atletico Madrid pada leg kedua perempatfinal Liga Champions musim 2023/24. Dortmund gasak Atletico, 4-2 di Signal Iduna Park, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB. 

Hasil demikian membuat wakil Jerman ini lolos ke semifinal. Die Borussen unggul agregat 5-4 atas Los Colchoneros. Sebelumnya, pada leg pertama di Spanyol, Atleti menang 2-1.

Baca Juga

Dalam duel yang baru saja berlangsung, tuan rumah memimpin 2-0 pada babak pertama. Gol Julian Brandt di menit ke-34, dan Ian Maatsen (39) membuat Dortmund di atas angin. Setelah jeda, kubu tamu bangkit.

Atletico mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pada menit ke-49, bek Die Borussen, Mats Hummels tercatat mencetak gol bunuh diri. Lalu di menit ke-64, Angel Correa membungkam Signal Iduna Park.

Dortmund tersengat. Elite Jerman ini kembali tancap gas. Die Schwarzgelben akhirnya mencetak dua gol tambahan melalui tandukan Niclas Fullkrug di menit ke-71, dan tembakan Marcel Sabitzer, tiga menit berselang. Dikutip dari UEFA dan whoscored, berikut sejumlah fakta yang tercipta setelah pertandingan ini:

 

* Pertama kalinya Borussia Dortmund lolos ke semifinal Liga Champions, sejak 2013. 

 

* Gelandang Borussia Dortmund, Julian Brandt mencetak gol pertama di babak sistem gugur Liga Champions.

 

* Borussia Dortmund hanya merasakan tiga kekalahan dalam 19 pertandingan kandang melawan tim Spanyol. Selebihnya Dortmund meraih sembilan kemenangan, dan tujuh duel lainnya berkesudahan imbang.

 

* Borussia Dortmund tak terkalahkan dalam 10 pertandingan kandang terakhir pada ajang Liga Champions. Perinciannya, Dortmund merasakan enam kemenangan dan mendapat empat hasil imbang.

 

* Ini pertama kalinya Dortmund mencetak empat gol di laga kandang Liga Champions, sejak terakhir melakukannya pada babak penyisihan musim 2018/19. Saat itu, Die Borussen juga mengalahkan Atletico dengan skor 4-0.

 

* Dortmund meraih tujuh kemenangan dalam sembilan pertandingan terakhir di berbagai ajang.

 

* Gawang Atletico Madrid selalu kebobolan dalam 11 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

 

* Sebelum bertamu ke markas Dortmund, Atletico selalu menang di tiga partai beruntun.

 

* Atletico sudah mengalami delapan kekalahan dalam sembilan pertandingan tandang terakhir melawan tim-tim Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement