Kamis 18 Apr 2024 05:49 WIB

Inggris Berharap Deadline Penyerahan Daftar Pemain untuk Euro 2024 Diundur

UEFA menetapkan batas akhir penyerahan nama pemain untuk Euro 2024 pada 7 Juni.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Inggris saat menghadapi Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Para pemain timnas Inggris saat menghadapi Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inggris berharap UEFA memundurkan deadline penyerahan daftar nama pemain yang akan berlaga pada kejuaraan Euro 2024. Sebab, mereka butuh waktu untuk menilai kondisi pemain dari uji coba terakhir.

Kontestasn Euro 2024 harus menyerahkan nama pemain pada Jumat, 7 Juni tengah malam. Padahal Inggris mengakhiri persiapan turnamen mereka melawan Islandia di Wembley pada hari itu. Jumlah skuad saat ini adalah 23 pemain tetapi dapat ditambah menjadi 26 pemain.

Baca Juga

UEFA telah diminta untuk menunda batas waktu penyerahan skuat untuk Euro 2024, demikian dilaporkan oleh Sky Sports News pada Rabu (17/4/2024).

Beberapa negara telah menyuarakan kekhawatiran bahwa akan ada sedikit waktu untuk menilai potensi cedera sebelum nama-nama pemain harus diserahkan ke UEFA pada tengah malam. Sebab, putaran terakhir pertandingan persahabatan internasional berakhir hanya dua jam sebelum roster final skuad diserahkan pada Jumat 7 Juni. 

Namun, sepertinya UEFA tidak akan memajukan tenggat waktu tersebut karena peraturan mereka menyatakan bahwa tim final harus didaftarkan tujuh hari sebelum turnamen dimulai. Tuan rumah Jerman akan menghadapi Skotlandia pada tanggal 14 Juni untuk membuka turnamen.

Ini juga termasuk dalam peraturan UEFA yang berlaku bahwa para pemain dapat diganti dalam skuad kapan saja hingga pertandingan pembukaan turnamen selama ada bukti medis bahwa mereka mengalami cedera yang menghalangi mereka untuk bermain.

Masalah ini akan dibahas dalam pertemuan Komite Kompetisi Nasional UEFA, dengan jumlah pemain juga menjadi isu utama dalam agenda.

Pada pertemuan dengan semua pelatih dari negara-negara yang berkompetisi pekan lalu di Dusseldorf, gagasan untuk menambah jumlah pemain dari 23 menjadi 26 pemain pertama kali diperdebatkan.

Ada dukungan untuk ide tersebut dari beberapa manajer nasional sementara yang lain - termasuk pelatih Jerman, Julian Nagelsmann - menentang penambahan yang diusulkan. Tim yang terdiri dari 26 pemain diizinkan di Kejuaraan Eropa terakhir pada tahun 2021, setelah pandemi Covid, dan juga di Piala Dunia Qatar pada tahun 2022.

Dari sudut pandang Inggris, Gareth Southgate selalu mengatakan bahwa ia lebih memilih skuat dengan 23 pemain karena kesulitan untuk membuat semua pemain tetap senang jika ada yang tidak bermain. Namun, dengan sejumlah keraguan cedera pada pemain kunci sebelum Euro musim panas ini, peraturan untuk memperbolehkan tim yang lebih besar mungkin cocok untuknya.

Nick Pope, Sam Johnstone, Kieran Trippier, Luke Shaw, Reece James, Marc Guehi, Levi Colwill, Tyrone Mings, Jordan Henderson, Jarrod Bowen, Ivan Toney, dan Callum Wilson saat ini masih harus absen.

Setelah diskusi pada hari Senin, komite kompetisi nasional akan membuat rekomendasi yang kemudian harus disahkan oleh komite eksekutif UEFA. Meskipun Exco tidak akan bertemu langsung hingga 22 Mei, diperkirakan mereka akan menerima proposal jumlah pemain maksimal dalam satu tim dan mengesahkannya dari jarak jauh.

Isu utama lain yang akan dibahas oleh UEFA pekan depan adalah berapa banyak pemain yang akan diperbolehkan dalam sebuah skuad pertandingan. Southgate sangat tidak senang karena hanya 23 nama yang diperbolehkan masuk ke dalam skuat pertandingan dari 26 pemain yang ikut serta dalam perjalanan ke Euro lalu.

Itu berarti untuk setiap pertandingan, dia harus memberi tahu tiga pemain bahwa mereka tidak akan disebutkan dalam daftar susunan pemain sebagai pemain pengganti. Di Qatar, di bawah peraturan FIFA, ke-26 nama dapat dimasukkan ke dalam skuad pertandingan.

Masalah lain yang perlu dipertimbangkan UEFA adalah masalah logistik. Di banyak stadion klub, ruang ganti pemain tidak dirancang untuk menampung 26 pemain, dan beberapa bangku tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung semua pemain pengganti di ruang istirahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement