Jumat 19 Apr 2024 10:49 WIB

Ini Satu Fakta yang Buat Indonesia U-23 Layak Percaya Diri Bisa Taklukkan Yordania U-23

Jika imbang atau bahkan menang melawan Yordania, maka Indonesia lolos ke fase gugur.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi seusai mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia melawan Vietnam di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi seusai mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia melawan Vietnam di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tim Nasional Indonesia memiliki ikatan manis dengan Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha, Qatar. Fakta di lapangan menunjukkan hal itu.

Pada Januari 2024 lalu, skuad senior mengalahkan Vietnam di Piala Asia 2023. Arena tersebut jadi saksinya. Gol tunggal Asnawi Mangkualam Bahar membungkam the Golden Star Warriors.

Baca Juga

Teranyar, Timnas Indonesia U-23 berjaya atas Australia U-23 di Stadion itu. Kedua tim bersaing di Grup A Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda unggul 1-0 atas Olyroos, pada Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Kemenangan ini membuat kans Rizky Ridho dan rekan melaju ke tahapan selanjutnya semakin terbuka lebar. Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Yordania U-23 pada partai pamungkas di Grup A. Laga ini juga dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Tentu saja, penggemar Garuda berharap catatan positif para idola mereka, berlanjut. STY menginginkan hal yang sama. Terpenting, awak merah-putih menentukan nasibnya sendiri. Artinya, jika menang, maka sudah pasti lolos tanpa harus melihat hasil pertandingan lain.

"Saya pikir kami bisa tampil bagus melawan Yordania," kata juru taktik asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers, setelah duel kontra Australia.

Saat ini, Indonesia berada di urutan kedua Grup A. Garuda Muda mengoleksi tiga poin. Qatar di posisi teratas, mengumpulkan enam angka.

Tuan rumah sudah pasti melaju ke babak selanjutnya. Australia dan Yordania sama-sama baru mengoleksi satu poin dan memiliki selisih gol minus satu. Indonesia masih bisa tetap melaju ke perempatfinal jika menahan imbang Yordania. Asalkan di pertandingan lain, Australia gagal menang atas Qatar.

Atmosfer positif terasa di kamar ganti Garuda Muda. Namun petualangan belum berakhir. Saatnya fokus ke partai selanjutnya.

"Terimakasih untuk seluruh tim, suporter dan semuanya yang telah mendoakan dan mendukung kami. Terimakasih juga untuk Ernando yang sangat luar biasa pada laga ini. Selanjutnya kita fokus untuk laga melawan Yordania dan optimistis meraih hasil terbaik," kata Marselino Ferdinan di situs resmi PSSI, yang dikutip pada Jumat (19/4/2024).

Kiper Ernando Ari Sutaryadi tampil impresif. Ia bukan hanya menghalau berbagai kans lawan lewat open play. Pada babak pertama, ia juga menepis tendangan penalti Australia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement