Jumat 19 Apr 2024 14:01 WIB

De Rossi Singgung Taktik Super Bertahan Real Madrid Seusai Bawa Roma Singkirkan AC Milan

AS Roma tampil luar biasa meski hanya 10 pemain.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih AS Roma Daniele De Rossi.
Foto: Alfredo Falcone/LaPresse via AP
Pelatih AS Roma Daniele De Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma melaju ke semifinal Liga Europa musim ini. Roma menyudahi langkah AC Milan di babak delapan besar.

Pekan lalu, I Giallorossi unggul 1-0 pada leg pertama di San Siro. Teranyar, skuad polesan Danaiele De Rossi menaklukkan Milan 2-1 pada leg kedua di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (19/4/2024) dini hari WIB. Alhasil, pasukan ibu kota melaju berkat keunggulan agregat 3-1.

Baca Juga

Tuan rumah bermain dengan 10 orang sejak menit ke-31. Mehmed Zeki Celik mendapat kartu merah usai melanggar Rafael Leao. I Lupi menunjukkan determinasi fantastis.

De Rossi melihat semangat luar biasa dari pasukannya. Mereka tampil dalam intensitas tinggi saat digempur tim tamu. Menurut sang allentore, butuh kecerdasan dan pengetahuan taktis mumpuni, bertahan dalam situasi seperti itu.

Sehingga lawan tetap kesulitan membongkar pertahanan mereka. Tak hanya sekadar berlari. Ia merasa tak ada yang salah dari pendekatan menumpuk pemain di kotak penalti. Terkadang di momen tertentu, mereka harus melakukan itu.

"Saya sangat bangga menjadi pelatih tim seperti ini. Itu tidak mudah, karena Milan sangat kuat dan memainkan sepak bola yang bagus. Kemarin kami melihat Real Madrid benar-benar fokus bertahan, turun ke belakang, dan pada saat yang tepat kami juga melakukannya," kata De Rossi kepada Sky, dikutip dari Football Italia.

Juru taktik 40 tahun ini menyebut Roma telah mengalami perkembangan signifikan. Sebelumnya, La Magica kesulitan meladeni Milan dalam beberapa tahun terakhir. Kini mereka selalu menang di dua leg kontra I Rossoneri.

Pasukan ibu kota membalikkan prediksi. Saat hasil undian terdengar, Paulo Dybala dan rekan-rekan berstatus underdog. Il Diavolo diunggulkan berjaya. Namun hasil di lapangan, menunjukkan sebaliknya.

"Melihat Milan hampir selalu mengalahkan kami dalam beberapa tahun terakhir, hanya sedikit yang memperkirakan kami akan menang. Jadi fakta kami membuat pertandingan menjadi seimbang, sudah merupakan sebuah pencapaian," ujar De Rossi.

Selanjutnya La Lupa akan berhadapan dengan Bayer Leverkusen. Sebelum menuju bigmatch tersebut, I Giallorossi sejenak mengalihkan fokus ke ranah domestik. Gianluca Mancini dkk akan menjamu Bologna pada giornata ke-33 Serie A di Stadion Olimpico, Roma, Senin (22/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement