Sabtu 20 Apr 2024 18:02 WIB

David da Silva Hattrick, Persib Bandung Hajar Persebaya 3-1

Persib bermain sangat baik.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persib Bandung Stefano Beltrame (kiri) berselebrasi bersama rekan setimnya Ciro Alves (tengah) dan David Da Silva (kanan) usai mencetak gol ke gawang lawan.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pesepak bola Persib Bandung Stefano Beltrame (kiri) berselebrasi bersama rekan setimnya Ciro Alves (tengah) dan David Da Silva (kanan) usai mencetak gol ke gawang lawan.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Persib Bandung meraih hasil positif saat bertemu Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 Liga 1 Indonesia musim 2023/24. Persib unggul 3-1 atas Persebaya di Stadion Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2024) petang WIB.

Tampil di markas sendiri membuat laskar Pangeran Biru trengginas sejak awal. Meski sudah memastikan diri lolos ke seri championship, Persib tetap bermain spartan. Namun tidak mudah bagi anak asuh Bojan Hodak untuk membongkar pertahanan lawan.

Baca Juga

Maung Bandung baru bisa memimpin di menit ke-43. Adalah David da Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, intensitas meningkat. Kubu tamu tak tinggal diam. Sayang, petaka menimpa Bajul Ijo di awal babak kedua.

Andre Oktaviansyah mendapat dua kartu kuning dalam rentang waktu singkat. Pertama di menit ke-46, berikutnya di menit ke-52. Kekurangan jumlah personel menyulitkan skuad polesan Paul Munster untuk berkreasi.

Di luar dugaan, Persebaya bisa menyamakan kedudukan sekitar lima setelah Oktaviansyah diusir. Berawal  dari situasi sepak pojok. Dušan Stevanovic yang menjadi algojo, menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan bek berkebangsaan Serbia itu menembus jala Teja Paku Alam.

Persib tersengat. Tuan rumah balik lgii ke ritme biasanya. Mereka gencar melakukan tekanan ke pertahanan tim tamu.

Serangan demi serangan dilancarkan para penggawa Maung Bandung. Hasilnya berbuah manis. Pada menit ke-67, David Silva membuat Pangeran Biru kembali memimpin.

Dalam keadaan unggul, Persib tak mengendurkan tekanan. Sekitar tiga menit menjelang waktu normal berakhir, skor menjadi 3-1. Silva mencetak hattrick. 

Berawal dari pergerakan Ciro Alves. Nama yang disebut terakhir berduel ketat dengan bek lawan. Setelah lepas pengawalan, Alves mengirimkan umpan tarik ke mulut gawang Bajul Ijo. Silva yang tak terkawal menggetarkan jala Andhika Ramadhani untuk ketiga kalinya.

Hasil ini membuat Persib mantap di posisi kedua klasemen sementara. Anak asuh Bojan Hodak tak terkalahkan dalam 10 partai terakhir. Sebanyak lima di antaranya berujung kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement