Sabtu 20 Apr 2024 21:06 WIB

Fernando Alonso Optimistis Jelang Berlaga di GP China

Rasa percaya Alonso muncul karena pengaturan mobil yang lebih baik dan efektif.

Pembalap Aston Martin Fernando Alonso dari Spanyol
Foto: AP Photo/Toru Hanai
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso dari Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Aston Martin Fernando Alonso menatap balapan utama Grand Prix China dengan optimistis menyusul hasil P3 dalam sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu (20/4/2024).

Alonso mengatakan tidak ingin lengah dan mengendurkan semangatnya pada balapan utama yang akan digelar pada Ahad (21/4/2024) pukul 14.00 WIB.

Baca Juga

“Kami tidak menyerah, kami terus berusaha sepanjang putaran dan mencatat waktu putaran yang baik (dalam sesi kualifikasi),” kata Alonso, dikutip dari laman resmi Formula 1.

Meskipun kesulitan dalam sesi balapan pendek atau Sprint, pembalap veteran itu mengatakan rasa percaya dirinya juga muncul karena pengaturan mobil yang lebih baik dan efektif dari tim.

“Saya pikir mobilnya sudah membaik sejak pagi hari ini, kami melakukan beberapa perubahan set-up, dan mari kita lihat besok apakah kami bisa mewujudkannya menjadi poin,” ujar dia.

Lebih lanjut, Alonso tetap berada di posisi teratas pada timesheets sepanjang sesi dan bertarung sengit dengan Sergio Perez (Red Bull) yang pada akhirnya mengamankan posisi runnerup.

Namun, pembalap berusia 42 tahun itu mengaku cukup puas karena berhasil bertahan di posisi ketiga. Alonso menempatkan dirinya di depan duo McLaren Lando Norris dan Oscar Piastri, yang tampil lebih dominan pada sesi-sesi sebelumnya.

Selain itu, Alonso juga menyoroti peraturan baru terkait balapan Sprint Formula 1, di mana semua pembalap harus mengikuti sesi kualifikasi untuk balapan pendek ini pada Sabtu.

Perubahan ini berarti tim akan dapat menyesuaikan pengaturan mobil mereka setelah balapan Sprint untuk kualifikasi balapan utama, yang sebelumnya tidak diperbolehkan.

“Saya pikir hal yang sama berlaku untuk semua orang. Memang, kami tidak bisa mengganti mobil sepenuhnya, karena ritme akhir pekan (yang cepat). Namun, pembalap dan tim masih dapat melakukan perubahan kecil pada set-up,” kata Alonso.

“Beberapa di antaranya (pada mobil saya) hanya untuk masalah keseimbangan, tapi untuk (aspek) lainnya bisa dibilang berupa ‘tebakan’, tergantung pada apa yang akan dilakukan (pembalap) pada balapan (utama) besok,” ujarnya menambahkan.

Meskipun ia masih belum yakin mengenai hasil seperti apa yang bisa ia harapkan besok, Alonso memuji tim Aston Martin karena terus berusaha maju dalam pertarungan melawan rival-rival mereka.

“Saya pikir besok sore kami belum tahu, tapi saya sangat senang dan bangga dengan tim. Kami tidak menyerah, kami belum berada pada posisi yang kami inginkan, tapi kami terus berusaha,” ujar pembalap asal Spanyol itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement