Sabtu 20 Apr 2024 23:28 WIB

Pelatih Persib: Kolaborasi David da Silva dan Ciro Harus Konsisten Sampai Akhir Musim

Persib unggul 3-1 atas Persebaya di Stadion si Jalak Harupat.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kiri) mencium kaki rekannya Ciro Alves (kanan) saat seleberasi usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/4/2024). Persib mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-1.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kiri) mencium kaki rekannya Ciro Alves (kanan) saat seleberasi usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/4/2024). Persib mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Kerja sama David da Silva dan Ciro Alves semakin sulit dibendung. Teranyar, dua pemain tersebut berperan penting dalam kemenangan Persib Bandung atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 Liga 1 Indonesia musim 2023/24.

Persib unggul 3-1 atas Persebaya di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2024) petang WIB. Silva mencetak hattrick. Dua dari tiga gol bomber tersebut berkat umpan terukur Ciro.

Baca Juga

"Saya berharap apa yang mereka lakukan, bisa konsisten terus sampai kompetisi musim ini selesai," kata pelatih Persib, Bojan Hodak dalam konferensi pers setelah pertandingan. 

Ia melihat sejak babak pertama, dua pemain ini terus merepotkan lini belakang lawan. Secara keseluruhan Bojan puas melihat performa semua anak asuhnya. Tuan rumah menunjukkan keseimbangan antara bertahan dan menyerang.

Tampil di markas sendiri membuat laskar Pangeran Biru trengginas sejak awal. Meski sudah memastikan diri lolos ke seri championship, Persib tetap bermain spartan. Namun tidak mudah bagi tuan rumah untuk membongkar pertahanan lawan.

Maung Bandung baru bisa memimpin di menit ke-43. Adalah David da Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, intensitas meningkat. Kubu tamu tak tinggal diam. Sayang, petaka menimpa Bajul Ijo di awal babak kedua.

Andre Oktaviansyah mendapat dua kartu kuning dalam rentang waktu singkat. Pertama di menit ke-46, berikutnya di menit ke-52. Kekurangan jumlah personel menyulitkan skuad polesan Paul Munster untuk berkreasi.

Di luar dugaan, Persebaya bisa menyamakan kedudukan, sekitar lima setelah Oktaviansyah diusir. Berawal  dari situasi free kick. Dusan Stevanovic yang menjadi algojo, menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan bek berkebangsaan Serbia ini menembus jala Teja Paku Alam.

Persib tersengat. Tuan rumah balik lagi ke ritme biasanya. Mereka gencar melakukan tekanan ke pertahanan tim tamu.

Serangan demi serangan dilancarkan para penggawa Maung Bandung. Hasilnya berbuah manis. Pada menit ke-67, David Silva membuat Pangeran Biru kembali memimpin. Umpan lambung Beckham Putra disambut pria Brasil ini dengan sundulan hingga memperdaya kiper lawan.

Dalam keadaan unggul, Persib tak mengendurkan tekanan. Sekitar tiga menit menjelang waktu normal berakhir, skor menjadi 3-1. Silva mencetak hattrick. 

Berawal dari pergerakan Ciro Alves. Nama yang disebut terakhir berduel ketat dengan bek lawan. Setelah lepas pengawalan, Alves mengirimkan umpan tarik ke mulut gawang Bajul Ijo. Silva yang tak terkawal menggetarkan jala Andhika Ramadhani untuk ketiga kalinya.

Hasil ini membuat Persib mantap di posisi kedua klasemen sementara dan siap bertarung di seri Championship. Anak asuh Bojan Hodak tak terkalahkan di 10 partai terakhir. Sebanyak lima di antaranya berujung kemenangan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement