Senin 22 Apr 2024 08:21 WIB

Shin Tae-yong Bahagia Kembali Bawa Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru

Timnas U-23 menanti lawan antara Jepang U-23 atau Korsel U-23 di perempat final.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong bahagia setelah kembali membawa Merah Putih mengukir sejarah baru di level Asia. Setelah mengantarkan timnas senior menembus babak gugur Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya awal tahun ini, pelatih asal Korea Selatan itu kembali membuktikan kualitasnya. Ia membawa timnas U-23 menembus perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Tampil sebagai tim debutan, Garuda Muda memetik dua kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar. Setelah mengalahkan Australia U-23 1-0, timnas U-23 mengukir kemenangan kedua aras Yordania U-23 dengan skor telak 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (22/4/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Empat gol timnas Indonesia U-23 dicetak Marselino Ferdinan (23', 70'), Witan Sulaeman (40'), dan Komang Teguh (86'). Sementara satu gol Yordania melalui gol bunuh diri Justin Hubner (79').

Kemenangan ini membawa Indonesia mengakhiri Grup A di posisi kedua dengan enam poin. Indonesia U-23 mendampingi Qatar U-23 ke perempat final yang menjadi juara Grup A dengan nilai tujuh.

"Saat kami membuat sejarah ini dengan para pemain saya, saya sangat senang. Saya ingin berbagi kemenangan ini, tidak hanya kepada para pemain, tetapi kepada semua pihak di PSSI dan juga seluruh suporter di Indonesia," kata Shin dilansir dari keterangan resmi PSSI, Senin.

Shin mengatakan membutuhkan waktu yang lama memoles Indonesia yang sekuat sekarang sejak penunjukkan dirinya sebagai pelatih pada empat tahun silam.

"Butuh waktu empat tahun (untuk membentuk tim). Namun kemudian dalam empat tahun, dua tahun di mana saya tidak bisa tampil karena jelas ada Corona. Jadi setelah dua tahun berikutnya saya pikir kami sudah mengalami kemajuan sejauh ini," jelasnya.

Pada laga perempat final nanti, Indonesia U-23 akan bertemu juara Grup B yang diperebutkan Korea Selatan U-23 atau Jepang U-23.

Shin mengatakan akan menonton dua negara yang merupakan kiblat sepak bola Asia itu yang akan memainkan partai terakhir penyisihan grup untuk merebutkan juara grup pada hari ini, Senin pukul 20.00 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Doha.

Pelatih 53 tahun itu sadar Korea Selatan dan Jepang merupakan dua negara besar yang ditakuti reputasinya di sepak bola Asia. Namun, meski demikian ia mengaku tidak gentar dengan kekuatan dua negara yang kerap menghiasi Piala Dunia itu.

"Jadi terlepas dari menang atau kalah di perempat final, kami akan melakukan yang terbaik. Kami akan menunjukkan bahwa kami memberikan 100 persen di lapangan pada perempat final," kata Shin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement