Senin 22 Apr 2024 14:28 WIB

Timnas Indonesia U-23 tanpa Nathan di Perempat Final Piala Asia U-23

Nathan harus kembali ke klubnya SC Heerenveen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Indonesia U-23 Nathan Nathan Tjoe-A-On
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain Timnas Indonesia U-23 Nathan Nathan Tjoe-A-On

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nathan Tjoe-A-On dipastikan telah meninggalkan timnas Indonesia U-23 untuk kembali ke klubnya, SC Heerenveen. Hal itu dikonfirmasi oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga. 

Arya mengungkapkan sejak awal, klub SC Heerenveen keberatan untuk melepas Nathan, namun setelah proses negosiasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, klub tersebut berkenan melepas Nathan hingga fase grup selesai. 

Baca Juga

Nathan telah kembali ke Belanda dengan penerbangan dini hari waktu Doha. Pemain pinjaman Swansea City itu hanya diberi izin satu pekan oleh Heerenveen. Itu menjadi hak dari klub Belanda tersebut karena turnamen Piala Asia U-23 sejak awal tidak masuk dalam kalender FIFA.

"Memang kemarin kita melobi klubnya Nathan. Dan dari hasil lobi tersebut memang awalnya berat betul mereka melepas Nathan. Dan kita, Pak Ketua (Erick Thohir) itu minta minimal bisa lolos delapan besar lah di grup, karena kan target awal kita di sana," kata Arya dalam pernyataannya, Senin (22/4/2024).

Arya mengatakan lobi-lobi yang dilakukan Erick membuahkan hasil. Namun sesuai perjanjian di awal, Nathan memang harus kembali ke klub setelah fase grup selesai. 

"Awalnya mereka nggak mau lepas karena bukan agenda FIFA, tapi akhirnya dilepas sampai lolos grup. Sekarang sudah lolos grup," ujarnya. 

Nathan menjadi salah satu pemain andalan yang memiliki pengaruh besar dalam permainan skuad Garuda. Ia yang bermain sebagai gelandang yang mampu menjaga keseimbangan di lini tengah Indonesia. Perannya pun sangat besar dalam kemenangan 4-1 atas Yordania pada Ahad (21/4/2024) malam WIB. 

Selanjutnya, Indonesia masih harus menunggu lawan yang akan dihadapi di perempat final yakni juara Grup B antara Jepang dan Korea Selatan. Kedua tim ini akan berduel pada Senin (22/4/2024) malam untuk memperebutkan status juara Grup B.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement