Senin 22 Apr 2024 19:01 WIB

Erick Thohir: So, Coach Shin Tae Yong Stay With Us?

Garuda Muda menunggu hasil pertandingan Korea Selatan versus Jepang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kemenangan Tim Nasional Indonesia U-23 atas Yordania U-23 berdampak pada berbagai aspek. Pertama, Garuda Muda dipastikan lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Dampak lainnya terkait masa depan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Sinyal PSSI memperpanjang kontrak juru taktik asal Korea Selatan itu menguat.

Setelah berjaya atas Yordania, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mendatangi kamar ganti. Ia mengucapkan selamat kepada STY. Keduanya bersalaman.

Setelahnya Erick menanyakan sesuatu ke para pemain. "So, coach stay with us?" 

"Yeahhh," jawab sederet penggawa Garuda Muda bersamaan.

"Ini kan yang ditunggu-tunggu? Terbang tinggi Garuda Muda," tulis Erick di Instagramnya, dikutip pada Senin (22/4/2024).

Sebelumnya, terdapat klausul yang menyatakan kontrak STY diperpanjang apabila bisa meloloskan tim senior ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Kemudian Coach Shin Tae Yong ditargetkan untuk membawa tim U-23 ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Dua target tersebut telah tercapai.

Jika melihat reaksi di semua media sosial yang berkaitkan dengan Timnas Indonesia, penggemar sering mendesak agar STY tetap dipertahankan. Ini karena berbagai progres positif terjadi di eranya. Namun, semua perlu menunggu hitam di atas putih.

Pengumuman resmi belum terdengar. Lagi pula Piala Asia U-23 2024 masih berlangsung. Sang arsitek sedang fokus sepenuhnya ke turnamen tersebut.

Garuda Muda menunggu hasil pertandingan Korea Selatan versus Jepang. Korsel dan Jepang bertemu pada Senin (22/4/2024) malam WIB. Tim yang menjadi pemenang, finis di peringkat teratas di Grup B.

Laga antara Timnas Indonesia U-23 vs juara Grup B berlangsung pada Jumat (26/4/2024) malam WIB. Garuda Muda diharapkan tampil tanpa beban. Pasalnya, target awal sudah tercapai.

Namun bukan berarti, tanpa determinasi maksimal. Masih ada target lanjutan. Selanjutnya, awak Merah-Putih mulai bermimpi meraih tiket Olimpiade Prancis 2024. 

Berdasarkan aturan, tim yang finis di tiga besar lolos ke Paris. Sementara yang berakhir di urutan keempat, akan menjalani play off melawan wakil Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement