Senin 22 Apr 2024 19:38 WIB

Turnamen 'Mandiri 3X3 Indonesia' Hadirkan FIBA Lite Quest

Pemenang Lite Quest akan dikirim ke FIBA Challenger di Cina, Korea atau Prancis.

Rep: Fitriyanto/ Red: Didi Purwadi
Ilustrasi. Sejumlah pelajar mengikuti pertandingan basket 3x3.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi. Sejumlah pelajar mengikuti pertandingan basket 3x3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia kembali diputar tahun ini. Memasuki tahun ketiga, ajang basket 3X3 yang diinisiasi PT Supersport Sensation (SSS) Internasional berkolaborasi dengan PP PERBASI dan PT Bank Mandiri Tbk ini menyuguhkan banyak hal baru.

Direktur Utama PT SSS International, Azwan Karim, mengatakan dua tahun edisi sebelumnya turnamen mempertandingkan dua kelompok umur putera dan Puteri yaitu U-18 dan U-23. Untuk pelaksanaan tahun ketiga, Azwan mengaku turnamen memiliki banyak improvisasi.

Pertama, tahun ini turnamen menghadirkan FIBA Lite Quest Tournament khusus untuk umum kategori putra. Pelaksanaannya digelar di Jakarta pada 18 Agustus 2024 dengan peserta dibatasi 16 tim. 

''Pemenang Lite Quest akan dikirim ke FIBA Challenger yang digelar antara di China, Korea, Mongolia, atau bahkan di Prancis,'' ujar Azwan. 

Improvisasi kedua adalah penambahan jumlah kategori pertandingan. Selain ada Lite Quest, tahun ini juga ada kategori U-15 Putra dan festival anak-anak U-12 tahun yang digelar di semua daerah.

Kedua kategori baru ini akan melengkapi kategori edisi sebelumnya yaitu U-18 Putra serta U-23 Putra dan Putri. ''Untuk kategori U-18 Putri, tahun ini kami tiadakan karena responsnya yang kurang di dua edisi sebelumnya. Sebagai gantinya, kami menambah untuk kategori U-15 putra dan festival U-12 Mix,” ucap Azwan.

Tahun ini, lanjut Azwan, turnamen basket 3x3 dilaksanakan di tiga regional. Medan dan Makassar dipilih sebagai daerah baru dalam pelaksanaan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament.

Waketum PP PERBASI Bidang 3X3, Jamin Mattotoran, mengapresiasi improvisasi pelaksanaan dari Mandiri 3X3 Indonesia Tournament yang sudah memasuki tahun ketiga ini. Perubahan ini diharapkan bisa memberikan efek positif untuk promosi Basket 3X3 bagi masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement