Senin 22 Apr 2024 20:20 WIB

Ikuti London Marathon 2024, Misbakhun Berburu Six Stars

Misbakhun tak pernah meninggalkan hobinya berolahraga lari.

Misbakhun mengikuti TCS London Marathon 2024
Foto: istimewa
Misbakhun mengikuti TCS London Marathon 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR, Mukhamad Misbakhun, tak pernah meninggalkan hobinya berolahraga lari. Politikus Partai Golkar itu pun rela berlari dalam suhu dingin pada ajang TCS London Marathon 2024 yang digelar Ahad (21/4/2024).

Misbakhun mempersiapkan diri secara serius demi mengikuti lomba bergengsi itu. Pria kelahiran 29 Juli 1970 itu giat berlatih meski harus menghadapi sederet agenda penting.

Baca Juga

“Persiapan menuju London Marathon bertemu beberapa pekerjaan besar. Ada Pemilu 2024, lalu harus menyelesaikan ujian sidang tertutup S3, bertemu bulan puasa Ramadhan, berlanjut puasa Syawal enam hari dan lanjut puasa Daud,” tutur Misbakhun dalam siaran persnya.

Anggota Komisi XI DPR yang kembali terpilih menjadi legislator hasil Pemilu 2024 itu terbang ke London pada hari terakhir puasa Syawal atau pada 16 April lalu. “Sambil puasa 22 jam,” imbuhnya.

Upaya Misbakhun tak sia-sia. Dia berhasil mencapai garis finis London Marathon dengan waktu 3 jam 48 menit 49 detik. 

Misbakhun berlari menempuh jarak 42,164 km menyusuri jalanan London dengan pace atau kecepatan 5:25/km. “Ini catatan terbaik saya untuk maraton level dunia,” tuturnya. 

Namun, kegigihan Misbakhun berlatih di negeri tropis belum cukup untuk finis di bawah waktu tiga jam pada London Marathon 2024. Selama berlari bersama puluhan ribu pelari di TCS London Marathon 2024, Misbakhun harus menghadapi suhu dingin dan terpaan angin. 

“Ternyata tidak semua rencana bisa berjalan. Pelajarannya, siksaan saat latihan ternyata masih kurang sehingga perbedaan suhu dan cuaca masih bisa menjadi siksaan saat race (lomba, Red). Next (selanjutnya) harus latihan lebih keras,” ujarnya.

Memang Misbakhun masih punya ambisi lain untuk mengikuti berbagai lomba maraton level internasional, yakni Tokyo Marathon, Boston Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York Marathon 

“Saya sedang berburu six stars medal dari world major marathon,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement