Selasa 23 Apr 2024 05:29 WIB

Empat Hari TC untuk Piala AFF, Timnas U-16 Masih Fokus Penguatan Fisik

Tim pelatih ingin menguji ketahanan fisik pemain yang diseleksi untuk timnas U-16.

Seleksi timnas U-16 (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Seleksi timnas U-16 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah empat hari menjalani pemusatan latihan (TC) untuk Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) U-16, sebanyak 36 pemain tim nasional Indonesia U-16 masih fokus berlatih untuk penguatan ketahanan fisik di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta.

Asisten Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Haryanto Prasetyo Adi Utomo, mengatakan para pemain berlatih di tempat itu sejak 19 April lalu, guna menguji ketahanan fisik masing-masing sesuai arahan dari pelatih kepala Nova Arianto.

Baca Juga

"Kami pilih di sini, karena ingin melihat physical endurance (ketahanan fisik) pemain yang akan langsung ditangani oleh pelatih fisik," kata Haryanto dalam keterangan di laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Senin (22/4/2024).

Ia membeberkan, Garuda Muda sudah menjalani sejumlah menu latihan selama empat hari, di antaranya dua kali cross country, aerobik, dan latihan teknik.

Selama waktu tersebut, lanjut dia, pemain mengikuti instruksi pelatih fisik, sehingga komposisinya sebanyak 60 persen untuk tes fisik dan sisanya belajar teknik.

Ida Bagus Putu Cahya Permana mengaku kelelahan untuk mengikuti latihan itu. Namun, dia masih semangat dan bertekad ingin mendapatkan kepercayaan oleh Nova Arianto yang saat ini masih fokus membantu pelatih timnas U-23, Shin Tae-yong yang sedang berjuang di AFC U-23 Asian Cup.

"Saya rasa tentunya pasti capek banget, tapi ya memang sudah kewajiban seperti itu, kami harus menjalaninya dan harus seratus persen," kata dia.

Ia juga menyatakan, masih ingin terus bertahan dan bersaing dengan pemain lainnya, sehingga akan lebih disiplin untuk mengatur jadwal istirahat pribadi.

"Sebelumnya saya sempat pegal-pegal. Tapi saya masih bisa menjalani latihannya. Tadi latihan fisik, targetnya lari empat putaran dalam waktu empat menit," ujar dia.

TC di Yogyakarta tersebut direncanakan berakhir 6 Mei mendatang. Tim itu disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-16, pada 16-29 Juni 2024. Dalam pelaksanaan tahun ini, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sampai saat ini, kota tempat penyelenggaraan belum ditentukan oleh AFF dan PSSI. Namun, kota yang digadang-gadang menjadi tempat penyelenggaraan adalah Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Skuad asuhan Nova Arianto mengikuti Piala AFF U-16 sebagai juara bertahan, karena menjadi pemenang pada edisi 2022, dengan menundukkan Vietnam dalam laga puncak. Saat itu, skuad yang masih dilatih Bima Sakti Tukiman, mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement