Selasa 23 Apr 2024 09:41 WIB

Gawang Korea Selatan U-23 Masih Perawan, Tantangan Bagi Timnas U-23 di Perempat Final

Korea Selatan U-23 jadi lawan Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23.

Tim Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024.
Foto: Tangkapan Youtube
Tim Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Hal itu dipastikan setelah tim berjuluk the Taegeuk Warriors menang 1-0 atas Jepang, Senin (22/4/2024) dan memastikan status sebagai juara Grup B.

Pertemuan dengan lawan berat pada babak delapan besar sejak awal memang tak dapat terelakkan. Garuda Muda hanya punya dua pilihan antara Jepang dan Korea Selatan yang sama-sama kuat di fase grup. Kini, nama Korea Selatan dipastikan keluar sebagai juara Grup B. Sebab itu, penting untuk memetakan kekuatan tim asuhan Hwan Sun-hong tersebut.

Baca Juga

Korea Selatan U-23 datang dengan kekuatan 23 pemain ke turnamen dua tahunan tersebut. Tiga di antaranya merupakan pemain yang membawa Korea Selatan juara Asian Games 2022 (2023). Mereka adalah Kim Jeong-hoon (Jeonbuk Hyundai), Hwang Jae-won (Daegu), serta Ahn Jae-jun (Bucheon).

Selain itu, Korea Selatan U-23 juga punya striker andal yang menduduki daftar top skor dengan koleksi tiga gol yang dikemas sepanjang perjalanan Korea Selatan di fase grup. Ia adalah Lee Young-jun. Pemain klub K-League 1, Gimcheon Sangmu itu dua kali menjadi penentu kemenangan di fase grup, saat menang 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) dan dua gol dalam kemenangan 2-0 atas China.

Koleksi tiga gol membuatnya berada dalam daftar top skor bersama pemain Arab Saudi, Abdullah Radif dan Ayman Yahya yang sama-sama mengemas tiga gol. 

Selain kekuatan di lini depan, tembok pertahanan Korea Selatan U-23 juga akan menjadi tantangan berat bagi Garuda Muda. Sebab, gawang Korea Selatan belum pernah kebobolan sejauh ini di fase grup.

Kiper Kim Jeong-hoon yang menjadi pilihan pertama pelatih Hwan Sun-hong di pertandingan melawan Uni Emirat Arab dan China. Tercatat ada lima percobaan ke gawang yang dilepaskan China berhasil digagalkan.

Selain itu, Baek Jong-beom menjadi starter di bawah mistar saat menghadapi Jepang. Tercatat ada dua percobaan ke gawang berhasil digagalkannya. 

Berikut daftar 23 pemain Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024:

Kiper: Kim Jeong-hoon (Jeonbuk Hyundai), Baek Jong-beom (FC Seoul), Shin Song-hoon (Chungnam Asan)

Bek: Lee Tae-seok (FC Seoul), Jo Hyun-taek (Gimcheon Sangmu), Myung-gwan Seo (Bucheon), Kim Ji-soo (Brentford, Inggris), Byun Jun-su (Gwangju), Lee Jae-won (Cheonan City), Hwang Jae-won (Daegu), Jang Si-young (Ulsan HD)

Gelandang: Lee Kang-hee (Gyeongnam), Kang Sang-yoon (Suwon), Baek Sang-hoon (FC Seoul), Um Ji-seong (Gwangju), Bae Jun-ho (Stoke City, Inggris), Kim Min-woo (Düsseldorf, Jerman), Hong Si-hoo (Incheon United), Hong Sang Yoon (Pohang Steelers), Jeong Sang-bin (Minnesota United, AS), Seongjin Kang (FC Seoul)

Penyerang: Jaejun Ahn (Bucheon), Youngjun Lee (Sangmu Gimcheon)

Pelatih: Hwan Sun-hong.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement