Rabu 24 Apr 2024 16:57 WIB

Hangatnya Kedekatan Shin Tae-Yong dan Skuad Timnas U-23

Shin Tae-yong dan pasukannya terlibat keseruan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tim Nasional Indonesia U-23 sedang mempersiapkan diri jelang perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda jumpa Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Jelas, pelatih Shin Tae-yong serius mematangkan kualitas teknis, fisik serta pemahaman taktikal, dari anak asuhnya. Namun itu tidak berarti, intensitas latihannya berada di level tinggi selama berhari-hari. Terkadang masih ada hal-hal ringan.

Baca Juga

Seperti yang terlihat dalam postingan di instagram Timnas Indonesia. Nampak STY mendampingi pasukannya berlatih di Gym. Ia berkelakar seputar proses gol Witan Sulaeman ke gawang Yordania U-23. 

Sang pemberi umpan, Rizky Ridho Ramadhani menyambut ocehan mentor mereka. Keduanya tertawa. Lalu Marselino Ferdinan menunjukkan beberapa aksi kocak. Rafael Struick hanya tersenyum menyaksikan kelakukan rekannya tersebut. 

Begitulah sedikit cuplikan candaan STY dan pasukannya. Ia mendampingi anak muda yang berusia di bawah 23 tahun. Wajar, jika ia perlu mencari keseimbangan dalam berkomunikasi.

Timnas Indonesia berstatus debutan di turnamen ini. Garuda Muda tidak menunjukkan kegugupan. Anal asuh STY melaju ke tahapan selanjutnya sebagai runner up Grup A. Selama babak penyisihan, Pratama Arhan dkk menaklukkan Australia dan Yordania.

Ketua Umum PSSIErick Thohir mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Qatar. Jelas, apa yang diharapkan kini menjadi kenyataan. Namun itu masih tujuan awal.

Saatnya bermimpi lebih tinggi lagi. Dari jauh-jauh hari, Erick mengingatkan hal itu. Petualangan belum berakhir. Tantangan berbeda menanti Garuda Muda.

"Ini bukti kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karna lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya. Lolos Olimpiade. Semoga," kata Erick, di situs resmi PSSI.

Menarik dinantikan bagaimana laga perempatfinal berlangsung. Ini juga bisa menjadi partai emosional untuk STY. Pelatih Timnas Indonesia itu berasal dari Korea Selatan. Sang arsitek sempat membesut skuad senior dan kelompok umur, di negara asalnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement