Jumat 26 Apr 2024 00:04 WIB

Formasi 3-4-3, Resmi, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Lawan Korea Selatan

STY memakai formasi 3-4-3 atau bisa juga menjadi 3-4-2-1.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Timnas Indonesia U-23
Foto: Dok. PSSI
Timnas Indonesia U-23

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Sesaat lagi Tim Nasional Indonesia U-23 akan bertempur menghadapi Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel tersebut berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Penggemar Garuda Muda antusias menantikan aksi para idolanya. Pertanyaannya, siapa saja yang akan menjadi starter Indonesia pada laga di depan mata? Shin Tae Yong (STY) yang baru saja diperpanjang masa kontraknya, sudah menentukan pilihan susunan pemainnya.

STY memakai formasi 3-4-3 atau bisa juga menjadi 3-4-2-1. Di bawah mistar gawang ada Ernando Ari Sutaryadi. Ernando tak tergantikan. Ia turut berperan penting meloloskan timnya hingga ke tahapan ini.

Di depan sang kiper, berdiri tiga palang pintu sejajar. Justin Hubner di kiri, Rizky Ridho Ramadhani di tengah, lalu Komang Teguh di kanan. 

Berlanjut ke lini kedua. Di sektor bek sayap kiri ada Pratama Arhan. Jugador Suwon FC ini memiliki banyak kelebihan.

Arhan tak hanya kuat dalam urusan bertahan dan menyerang. Sosok 22 tahun itu juga dikenal karena mempunyai keahlian lemparan jauh. Tak jarang, aksi yang bersangkutan ini berbuah gol untuk awak Merah-Putih.

Lalu di area bek sayap kanan ada Ilham Rio Fahmi. Terjadi perubahan di area ini. Fajar Fathur Rahman masih di bangku cadangan.

Lini tengah paling banyak mendapat sorotan. Itu karena kehadiran Nathan Tjoe-A-On di sana. Nathan yang posisi aslinya sebagai bek kiri, disulap menjadi gelandang oleh STY.

Penggawa Heerenveen ini menjalankan tugasnya dengan baik. Sebelumnya, ia sempat kembali ke Belanda. Namun, setelah PSSI menjalin komunikasi dengan klubnya, Nathan balik lagi ke Qatar. Ia didampingi Ivar Jenner di lini tengah Garuda Muda.

Trio lini depan diisi oleh Marselino Ferdinan di kiri, Witan Sulaeman di kanan. Lalu Rafael Struick sebagai penyerang tengah alias ujung tombak. Marselino dan Witan sedikit berada di belakang Struick.

Ini menjadi partai emosional untuk STY. Pelatih Timnas Indonesia itu berasal dari Korea Selatan. Sang arsitek sempat membesut skuad senior dan kelompok umur di negara asalnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement