Jumat 26 Apr 2024 09:09 WIB

Garuda ke Semifinal, Erick Thohir: Kemenangan Luar Biasa Kalahkan Raksasa Asia

Indonesia mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dramatis sepanjang babak pinalti.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ani Nursalikah
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Rafael Struick melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U23 setelah mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti.
Foto:

Indonesia mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dramatis sepanjang babak pinalti. Ernando Ari mampu menggagalkan dua tembakan pemain Korea Selatan. Pratama Arhan menutup babak eksekusi itu dengan tendangan terakhir dari Indonesia dan mengunci kemenangan babak pinalti dengan skor 11-10.

Sebuah drama sempat terjadi pada menit sembilan babak pertama. Saat itu, sebuah tendangan keras pemain Korea Selatan melesat melalui beberapa pemain Indonesia. Langsung menekan jaring gawang yang dijaga Ernando Ari Sutaryadi.

Papan skor sempat mencantumkan kemenangan Korea Selatan 1-0. Namun, belakangan wasit Shaun Evans asal Australia menganulir gol tersebut setelah memeriksa VAR. Pemain Korea Selatan dinyatakan berada di posisi offside sesaat sebelum gol terjadi.

Pertandingan ini berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium pada Jumat dini hari WIB. Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim untuk lolos ke babak semifinal Piala AFC U23 sekaligus tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, Indonesia berstatus runner-up grup A dengan mengemas enam poin dari dua kali kemenangan melawan Australia (1-0) dan Yordania (4-1). Sementara, Korea Selatan menjadi juara grup B dengan torehan sempurna sembilan poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement