Jumat 26 Apr 2024 23:14 WIB

Indonesia Bertemu Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Laga semifinal antara Indonesia lawan Uzbekistan akan digelar pada 29 April.

Timnas Indonesia
Foto: Republika
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 akan menantang Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 Qatar 2024. Uzbekistan memastikan diri lolos ke empat besar usai menaklukkan juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0 di laga perempat final di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Jumat (26/4/2024) malam WIB.

Gol pembuka Uzbekistan dicetak striker Khusayin Norchaev pada menit injurytime 46 babak pertama. Menerima umpan terobosan di kotak penalti, Norchaev memperdayai bek Rayane Hamidou dan kiper Mohammed Al Absi sebelum melepaskan tembakan kaki kanan ke gawang Saudi yang sudah kosong melompong.

Di babak kedua, Arab Saudi langsung tampil menekan untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya pada menit 68, skuad muda The Green Falcons harus bermain dengan 10 pemain setelah gelandang Ayman Yahya diganjar kartu merah karena mengangkat kaki terlalu tinggi saat berebut bola dengan pemain Uzbekistan.

Peluang Arab Saudi semakin berat setelah kembali kebobolan pada menit 83. Gelandang Umarali Rakhmonaliev menyundul bola rebound yang berhasil mengoyak gawang Saudi untuk membawa Uzbekistan memimpin 2-0. Kedudukan dua gol bagi kemenangan Uzbekistan tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Timnas Indonesia U-23 sudah lebih dulu memastikan diri lolos usai menyingkirkan tim kuat Korea Selatan. Setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit pertandingan, Garuda Muda akhirnya memastikan kemenangan lewat drama adu penalti dengan skor 11-10.

Laga semifinal antara Indonesia lawan Uzbekistan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024). Sementara laga semifinal lainnya akan mempertemukan Jepang lawan pemenang laga Irak versus Vietnam malam ini.

Finalis Piala Asia U-23 2024 akan langsung memastikan diri meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Tim pemenang laga perebutan posisi ketiga juga akan mendapat tiket langsung ke Paris.

Sementara tim yang menempati posisi keempat Piala Asia U-23 2024, harus melalui babak playoff menghadapi wakil Afrika untuk bisa mendapatkan tiket Olimpiade 2024. Pada 9 Mei mendatang, mereka akan bertemu Guinea yang menempati posisi keempat Piala Afrika U-23 2023. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya mengatakan Garuda Muda layak dinobatkan sebagai pencetak sejarah baru sepakbola Indonesia. Karena, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu membawa nama harum bangsa dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kali.

Indonesia tidak hanya menciptakan sejarah baru bagi Indonesia. Skuad Shin Tae Yong juga semakin dekat dengan mimpi baru untuk selangkah lagi lolos ke Olimpiade Paris 2024.

‘’Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal. Ini sangat logis jika target berikutnya final,’’ kata Erick. ‘’Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepakbola nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi.’’

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement