Sabtu 27 Apr 2024 11:34 WIB

Dubes Suryopratomo: Kesempatan Timnas U-23 Terbuka Lawan Uzbekistan

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23.

Duta Besar Republika Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo.
Foto: Republika/Dedy Darmawan Nasution
Duta Besar Republika Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengapresiasi keberhasilan timnas sepak bola Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23. Garuda Muda akan menghadapi Uzbekistan U-23 pada duel semifinal di Stadion Abdullah bin Khalifa, Daha, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Sosok mantan wartawan yang pernah lama menjadi peliput sepak bola ini menjelaskan, prestasi sepak bola Indonesia di kelompok usia muda sebenarnya cukup baik. Namun, saat naik ke usia yang lebih tinggi, performa pemain dan tim kemudian bermasalah.

Baca Juga

Tommy, sapaannya, bersyukur Indonesia kini punya tim nasional sepak bola kelompok usia yang baik. Tim dibentuk secara berjenjang sampai ke timnas U-23 yang sekarang terus mencoba menuliskan prestasi baru.

"Kita tentu bersyukur timnas kita kemarin bisa mengalahkan Korea Selatan. Dengan kepercayaan diri, tidak ada yang tidak mungkin. Kesempatan itu terbuka melawan Uzbekistan di semifinal," kata Tommy saat dihubungi Republika, Sabtu (27/4/2024).

Bagi Tommy, keberhasilan tim nasional Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 sebagai satu-satunya tim asal Asia Tenggara merupakan pencapaian yang spektakuler. Hanya, kata dia, keberhasilan itu tak cukup dilihat dari satu turnamen. Butuh periode yang cukup panjang untuk menaikkan nama Indonesia agar bisa disegani di pentas dunia.

Saat ini, menurut Tommy, timnas usia muda Indonesia sudah menunjukkan peningkatan kualitas. Namun, ia mengingatkan, negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam juga sudah membina tim usia mudanya dengan sangat baik.

"Timnas U-21 kita sampai sekarang terus meningkat. Semoga kita bisa menjadi tim yang disegani seperti pada era 1970-an," kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Forum Pemimpin Redaksi ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement