Sabtu 27 Apr 2024 19:32 WIB

Babak Pertama, Liverpool Tertinggal 0-1 dari West Ham

Liverpool menguasai laga tapi tak mampu membuat gol.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
West Ham Unitrd Vs Liverpool, Sabtu (27/4/2024).
Foto: AP Photo/Kin Cheung
West Ham Unitrd Vs Liverpool, Sabtu (27/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mendominasi penguasaan bola tapi tertinggal lebih dulu saat menghadapi West Ham pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Olimpiade London, Sabtu (27/4/2024) malam WIB. West Ham unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan Jarrod Bowen dengan memanfaatkan umpan dari Mohammed Kudus.

Liverpool bermain agresif sejak menit awal. Peluang didapatkan di menit ketiga saat Elliott mengirim umpan ke tiang jauh. Gravenberch menyambutnya dengan tendangan voli, namun itu masih belum menemui sasaran.

Baca Juga

Peluang lain bagi Liverpool terjadi di menit ke-11. Robertson memberikan umpan silang indah. Gakpo tidak bisa menggapai dengan tandukannya, tapi masih jatuh dengan baik untuk Elliott. Dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi itu masih melebar ke belakang gawang.

Tiga menit berselang, giliran West Ham yang mengancam. Itu terjadi saat Elliott memainkan umpan longgar di lini tengah, dan Alvarez sigap untuk menghentikannya di depan Gravenberch.  Dia meneruskannya ke Bowen di tepi kotak penalti, tapi tembakan rendahnya masih tepat ke arah Alisson.

West Ham hanya menguasai 22,9 persen penguasaan bola hingga menit ke-17, namun tekanan mereka menghasilkan sepak pojok lagi. Bowen melepaskan tendangan melengkung ke tengah kerumunan, tapi sundulan Soucek masih terlalu lemah dan Alisson dapat menahannya.

Di samping itu, Liverpool memiliki penguasaan bola sebesar 78,3 persen hingga menit ke-37, namun mereka masih belum bisa menunjukkan banyak hal. Diaz beralih ke kanan untuk mencoba dan mewujudkan sesuatu, tetapi tidak dapat menemukan cara melewati Emerson.

Tuan rumah yang bermain lebih efektif bisa memetik keunggulan lebih dulu di menit ke-43 melalui situasi bola mati. Paqueta melepaskan tendangan sudut pendek ke Kudus, yang memberikan umpan silang bagus ke tengah kotak.  Bowen berada di depan untuk mengarahkannya ke tiang jauh, dan Alisson gagal menahannya. Skor 1-0 untuk West Ham.

 

Susunan pemain kedua tim:

West Ham (4-2-3-1): Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Angelo Ogbonna, Emerson; Tomas Soucek, Edson Alvarez; Jarrod Bowen, Lucas Paqueta, Mohammed Kudus; Michail Antonio.

Pelatih: David Moyes 

 

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Jarell Quansah, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Ryan Gravenberch; Harvey Elliott, Cody Gakpo, Luis Diaz.

Pelatih: Jurgen Klopp

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement